Categories

Gadget

Tamagotchi Pix Adalah Generasi Baru Permainan Virtual Pet yang Dilengkapi Kamera Terintegrasi

Kini dengan beberapa mekanisme gameplay baru yang disajikan dalam layar berwarna

Glenn Kaonang - 23 April 2021

Diperkenalkan pertama kali di Jepang hampir seperempat abad yang lalu, Tamagotchi hingga kini masih aktif dikembangkan oleh Bandai dan menolak untuk mati ditelan zaman. Di tahun 2019 lalu, Bandai malah merilis generasi baru Tamagotchi yang mengemas layar berwarna, dan ini menginspirasi mereka untuk terus menyempurnakan gadget mungil tersebut sesuai perkembangan zaman.

Dari situ lahirlah Tamagotchi Pix. Ini merupakan Tamagotchi pertama yang dilengkapi sebuah kamera. ‘Pecahan telur’ yang ada di bagian atasnya tersebut merupakan tombol shutter yang dapat ditekan, dan pengguna bisa memanfaatkan kameranya untuk mendokumentasikan waktunya bersama sang hewan peliharaan virtual.’

Apakah foto-foto tersebut kemudian dapat kita bagikan ke media sosial? Tidak, sebab Pix tidak dibekali Wi-Fi ataupun Bluetooth. Sebagai gantinya, Pix justru mengajak para pengguna untuk saling berinteraksi satu sama lain secara langsung dengan cara bertukar “Tama Code”. Anggap saja ini kode QR tapi yang isinya foto-foto Anda bersama hewan peliharaan virtual Anda.

Yang namanya Tamagotchi, sudah pasti ada tiga buah tombol di bawah layarnya, dan ini merupakan tradisi yang terus dipertahankan sejak generasi pertamanya. Yang berbeda, kali ini ketiga tombolnya merupakan tombol sentuh kapasitif, bukan tombol fisik. Sekali lagi, sesuai perkembangan zaman mengingat target penggunanya adalah mereka yang sudah mengenal smartphone sejak lahir (anak-anak usia 6 – 12 tahun).

Lebih lanjut, Pix turut menghadirkan beberapa mekanisme gameplay baru. Salah satu yang paling menarik adalah bagaimana progres sang hewan virtual (profesinya di masa depan) bisa berbeda tergantung bagaimana cara pengguna membesarkan dan mendekorasi ruangannya, dan ini nantinya juga akan menjadi salah satu faktor yang menentukan jenis hewan berikutnya yang bisa dipelihara.

Aktivitas-aktivitas yang dapat dilakukan sang virtual pet pun juga semakin bervariasi. Pengguna sekarang dapat menginstruksikan mereka untuk melukis, memasak, maupun memesan makanan via layanan delivery. Di Amerika Serikat, Tamagotchi Pix bakal segera dipasarkan seharga $60. Empat tema warna yang tersedia adalah Floral (pink), Sky (ungu), Ocean (biru), dan Nature (hijau).

Sumber: SlashGear dan Bandai.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id