Categories

Mobile

Tambah Keamanan Sebuah Akun Dengan Mudah Menggunakan Authy

Aditya Daniel - 7 October 2014

Mempunyai sebuah email ataupun sebuah akun media sosial bukan hal yang sulit. Semuanya telah tersedia dan dapat diakses dengan cara yang mudah. Sayangnya kemajuan teknologi yang pesat akhir-akhir ini berdampak pula pada keamanan sebuah pengguna yang sering bersosial ria di dunia maya.

Menambahkan kode autentikasi tambahan bisa jadi salah satu solusi meningkatkan keamanan sebuah akun yang dimiliki.

Banyak layanan online yang sudah menggunakan kode autentikasi tambahan untuk masuk ke situsnya, semisal Facebook, Dropbox, Gmail. Pengguna tinggal mendaftarkan nomor telponnya untuk mendapatkan kode autentikasi yang akan dikirimkan via SMS untuk dapat login.

Namun kini ada cara lebih mudah mendapatkan kode autentikasi, dengan sebuah aplikasi bernama Authy. Authy dapat menghasilkan kode autentikasi yang diperlukan oleh sebuah situs sehingga kita tak perlu lagi menunggu kode autentikasi via SMS.

Authy membutuhkan alamat email serta nomor handphone yang masih aktif untuk menerima kode saat pertama kali digunakan. Untuk menambahkan sebuah akun, pengguna tinggal scan QR Barcode pada pengaturan situs lalu Authy akan secara otomatis menambahkannya.

Authy akan menghasilkan sebuah kode autentikasi yang akan berganti setelah 30 detik. Pengguna tinggal menyalin kode yang dihasilkan dan input pada saat ingin masuk ke situs yang dikehendaki.

 

Info menarik: Ini Dia Harga Baru Layanan Bolt

 

Bagi pengguna iPhone 5s ke atas, aplikasi Authy dapat ditambahkan pengaman fingerprint dari Touch ID yang tersemat. Tentunya setelah pengguna memperbaharui sistem operasinya menjadi iOS 8.

Pengguna perangkat iOS selain 5s dapat menambahkan passcode agar Authy tak bisa diakses oleh sembarang orang. Authy juga mendukung penyalinan kode antar perangkat iOS dengan laptop via bluetooth yang tersemat sehingga pengguna tak perlu mengetik lagi kode yang diperlukan.

Selain tersedia untuk iOS, Authy juga mendukung platform sistem operasi lain bahkan juga memiliki aplikasi desktop.

Keamanan saat berjelajah di internet memang hal yang penting, terlebih untuk layanan email yang sering digunakan untuk mendaftar di berbagai layanan online. Terutama juga bagi mereka yang menggunakan layanan media sosial untuk berbisnis online.

Tak ada salahnya sedikit repot dengan menambahkan kode autentikasi tambahan daripada harus kehilangan akun yang dimiliki, bukan?

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter