10 September 2014

by Aditya Daniel

Tambah Latar Belakang Musik di Video Dengan Aplikasi Lomotif

Membuat sebuah video dengan smartphone kini tambah menyenangkan, pasalnya Instagram baru-baru ini mengeluarkan aplikasi bernama Hyperlapse yang memungkinkan penggunanya membuat sebuah video time-lapse. Meski umumnya sebuah video time-lapse tidak memiliki latar belakang musik namun tak ada salahnya sekali waktu kita menambahkan untuk menambah kesan menarik. Lomotif sebuah aplikasi sederhana ini mampu menambahkan lagu sebagai latar belakang sebuah video.

Pada tampilan awal aplikasinya, Lomotif menampilkan tiga tahapan dalam menggunakan aplikasinya. Pilih video yang akan di-edit, pilih musik yang akan ditambahkan dan edit keduanya untuk menjadikan sebuah video musik. Pengaturan dalam aplikasinya pun tak banyak, hanya ada pengaturan beberapa akun media online seperti Facebook, Twitter, Dropbox, Google Drive.

Pengguna dapat memilih video yang telah tersimpan di perangkat iOSnya dan dapat memilih lebih dari satu video untuk dapat di-edit secara bersamaan. Setelah itu, pengguna dapat memilih musik yang akan ditampilkan sebagai suara latar belakang.

Lomotif sendiri menggunakan preview lagu dari iTunes, sehingga pengguna tak perlu mengunduh keseluruhan lagu, terlebih video yang dihasilkan oleh Lomotif hanya terbatas selama 30 detik. Musik yang tersimpan pun dapat digunakan juga sebagai latar belakang sebuah video.

 

Info menarik: Twitter Mulai Jajal Fitur Pembelian Produk Langsung Dari Kicauan

 

 

Di pengaturan berikutnya, pengguna yang memilih lebih dari satu video dapat mengatur urutannya, kemudian mengatur juga pemotongan lagu yang akan ditambahkan apabila pengguna memilihnya dari musik yang tersimpan, tak ketinggalan pula pengaturan untuk menambah filter dan teks judul.

Sayangnya aplikasi Lomotif menyertakan watermark atau tanda pada aplikasinya. Tak adanya fitur untuk menghilangkan watermark ini mungkin jadi salah satu kekurangan dari aplikasi Lomotif. Tak ada salahnya jika skema in-app purchase diterapkan oleh Lomotif ke depannya.

Lomotif sendiri membatasi penggunanya untuk hanya dapat menyimpan video berdurasi paling lama 30 detik. Sedangkan bagi penggemar Instagram, Lomotif juga menyediakan fitur untuk memotong video menjadi 15 detik sesuai dengan batasan durasi dari Instagram

Video yang sudah jadi dapat segera dibagikan ke Facebook, Instagram, Google Drive, Whatsapp, hingga Youtube.

Aplikasi Lomotif bisa diunduh lewat App Store.