4 August 2015

by Yoga Wisesa

Tambahkan Bevel, Smartphone Anda Berubah Jadi Kamera 3D Sejati

Dunia perfilman merupakan pionir dalam penyuguhan konten 3D berkat dukungan modal besar dan teknologi teranyar. Perlahan-lahan teknologi di belakangnya menjadi kian terjangkau dan praktis. Aksesori kamera 3D untuk smartphone kini memang bukan lagi barang baru, namun buat sekarang level penyajian tercanggih dipegang oleh Matter and Form melalui Bevel.

Setelah sukses menjual ribuan unit 3D Scanner, Matter and Form beralih ke bidang fotografi tiga dimensi dan bermaksud merevolusi ranah itu. Bevel adalah sebuah aksesori pertama di kelasnya, menambahkan kemampuan 3D camera sejati ke perangkat begerak kesayangan Anda. Sejati di sini perlu digarisbawahi karena produk attachment lain hanya menciptakan ilusi dengan meningkatkan level depth of field. Masalahnya, mereka gagal menangkap file yang kita maksudkan.

Prinsip kerja Bevel berbeda. Selain mengubah benda menjadi versi digital, ia dapat menopang fungsi 3D printing. Bevel mengombinasi sinar laser (aman bagi mata) dengan kamera di smartphone, memungkinkan perangkat Android atau iOS Anda mengabadikan objek - orang, peliharaan, makanan, mainan - dalam sebuah dimensi baru. Developer menamai teknik ini fotografi Genuine 3D.

Info menarik: Kamera Terbaru Canon Mempunyai ISO 4.000.000, Dibanderol $30.000

Genuine 3D dapat dianalogikan seperti membekukan momen. Hasil foto bisa diputar-putar, atau di-convert ke format GIF supaya gampang dibagi-bagikan. Via aplikasi, kita dimudahkan melakukan sharing ke Twitter, Facebook, Tumblr, blog Wordpress, Instagram, Pinterest dan lain-lain. Anda juga bisa membubuhkan gambar tambahan pada background foto 3D, sebuah fitur yang sangat menarik.

Bevel berpenampilan mirip balok mungil berukuran panjang 5 sentimeter dengan modul lensa menonjol. Ia tersambung ke smartphone atau tablet melalui jack audio 3,5 milimeter. Tinggal instal app, selanjutnya ia siap dipakai. Pengoperasiannya tidak rumit, benar-benar menyerupai kamera biasa. Selain 3D printing, developer menjelaskan objek-objek yang Anda jepret bisa dimanfaatkan sebagai dasar dalam pembuatan animasi serta video game.

Karena masih berada di tengah-tengah periode pengembangan, Matter and Form belum mengungkap info detail mengenai perangkat bergerak apa saja yang kompatibel dengan Bevel. Dalam kolom FAQ, developer menjelaskan tidak ada ukuran megapixel minimum, tapi tentu foto akan lebih bagus seandainya menggunakan device model terbaru. Jarak optimal laser sendiri kira-kira sejauh satu meter, tergantung dari performa sensor handset Anda.

Matter and Form membutuhkan modal minimal US$ 200 ribu untuk merampungkan Bevel. Anda dapat memesannya di website crowdfundingKickstarter, dijajakan seharga hanya US$ 50.