Categories

Gadget

Tambahkan Case Fuffr, dan Smartphone Anda Mendapatkan Kemampuan a la ‘Kinect’

Yoga Wisesa - 26 November 2014

Sistem input layar sentuh kini memang telah menjadi standar di smartphone dan tablet modern. Meskipun nyaman untuk navigasi konten browser, touchscreen bukanlah metode kontrol terbaik dalam menikmati game: keberadaan jari Anda akan menutup layar, dan itulah sebabnya permainan multiplayer di device mobile kurang berkembang.

Jika satu dua jari saja sudah cukup mengganggu, bayangkan ketika sebuah game mobile dimainkan dua hingga empat orang. Namun sebuah tim asal Santa Clara berhasil menemukan solusi cerdas dalam menambal kekurangannya itu. Mereka mengenalkan Fuffr, casing smartphone yang memungkinkan pengguna (atau beberapa pengguna) mengendalikan device touchscreen tanpa perlu menyentuh layarnya.

Fuffr dapat diibaratkan seperti Microsoft Kinect untuk perangkat mobile. Casing unik ini memanfaatkan kombinasi sambungan Bluetooth Low Enery dan sensor inframerah. Fuffr akan menembakkan cahaya inframerah ke sekeliling smartphone – kanan, kiri, atas dan bawah. Sensor kemudian bertugas untuk melacak penempatan serta pergerakan jari. Setelah itu, data input dikirimkan via konektivitas Bluetooth ke smartphone.

Kehadiran Fuffr bisa menjadi awal inovasi besar. Bayangkan potensi yang akan dibuka olehnya. Kebanyakan permainan mobile hanya tersaji buat seorang pemain, dengan kontrol terbatas. Tentu memang ada judul-judul multiplayer, tetapi mayoritas merupakan game online. Tim developer ingin mobile gaming mencapai level lebih tinggi lagi, melalui konsep social gaming.

Fuffr 02

 

Info menarik: Loopy Case: Casing Unik Bermanfaat untuk Anda yang Sibuk

 

Social gaming bukanlah sekedar judul-judul free-to-play yang tersedia di jejaring sosial. Permainan board game, Monopoly, card battle Pokemon, hingga home console Nintendo Entertainment System ditambah dua gamepad ialah platform social gaming sejati. Ia mengintegrasi keasikan bermain video game dengan interaksi fisik.

Kabar baiknya, tim pengembang tak cuma mengajukan ide dan menjual barang. Fuffr Inc. telah merangkul para developer, menyediakan Development Kit, dan memproduksi 1.000 unit berkat kolaborasi mereka bersama perusahaan pemasok di Swedia. Komponen-komponen pendukung sudah siap dan Fuffr juga berhasil melewati tahapan uji coba kualitas.

Dengan setuju menjadi backer program crowdfunding Fuffr di situs Kickstarter, Anda akan diajak bergabung ke dalam komunitas dan ekosistem Fuffr. Fuffr Inc. berjanji untuk mendengarkan segala permintaan jenis game yang Anda inginkan, dan developer dijadwalkan segera menyelesaikannya ketika kampanye berakhir.

Sebuah casing Fuffr ditawarkan seharga mulai dari US$ 60. Saat ini, Fuffr baru mendukung iPhone 5/5S atau iPhone 6..

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id