1 February 2017

by Yoga Wisesa

Tambahkan Steadicam Volt, Smartphone Anda Bisa Merekam Layaknya Kamera Film Profesional

Fitur primadona dari Steadicam Volt adalah kemampuannya mensimulasikan sensasi kelembaman saat Anda memutarnya secara horisontal.

Anda tidak akan kehabisan pilihan saat mencari handset berkamera mumpuni dan mayoritas orang kini mengandalkan smartphone ketika mereka ingin mengabadikan momen atau merekam video. Kendalanya, hasilnya mungkin kurang memuaskan ketika kita mencoba merekam langsung memakai tangan. Buat mengatasinya, Anda dapat melengkapi device dengan stabilizer.

Bingung mencari stabilizer terbaik untuk smartphone? Sang pakar telah menyiapkan solusi. The Tiffen Company, produsen spesialis produk-produk fotografi sekaligus pemilik dari brand Steadicam, memperkenalkan mount stabilisator yang diramu khusus perangkat bergerak lewat kampanye crowdfunding di Kickstarter. Dinamai Steadicam Volt, tim desainernya menjanjikan kesederhaan dalam pemakaian tanpa ada kompromi soal kapabilitas.

Steadicam Volt mengadopsi teknologi stabilizing yang telah lama digunakan di ranah videography profesional, kini dikemas dalam wujud ringkas dan sederhana. Perangkat ini ringan, mudah dibawa dan disimpan berkat desain foldable: saat ingin digunakan, Anda tinggal menarik tangkai penyeimbang dan handle ke bawah, kemudian mengangkat mount smartphone-nya ke atas. Sewaktu direntangkan, Steadicam Volt tidak lebih panjang dari lengan tangan Anda.

Fitur primadona dari perangkat stabilisator ini adalah kemampuannya mensimulasikan sensasi kelembaman saat Anda memutarnya secara horisontal. Menurut produsen, teknik ini akan meningkatkan kemudahan pengendalian gimbal, dan hasilnya, Volt jadi lebih stabil dan presisi dibanding aksesori sejenis. Perangkat ini menyediakan beberapa mode, bisa diatur untuk membuat film atau merekam pertandingan olahraga, dan terdapat pula mode untuk pro dan pemula.

Tiffen tidak segan untuk mengkomparasi Steadicam Volt dengan DJI Osmo. Meskipun sama-sama mengusung sistem stabilisator elektronik, pergerakan Volt diklaim lebih akurat dan natural dibanding Osmo serta sistem stabilizer gimbal tiga-poros lain yang sekedar mengandalkan gerakan robotik dan software. Dalam uji coba, gerakan Osmo tampak lebih lambat, sedangkan Volt jauh lebih responsif.

Volt mampu mengakomodasi perangkat bergerak selebar 58- sampai 80-milimeter, dengan bobot antara 100- sampai 250-gram. Device ditenagai baterai rechargeable li-ion berdurasi hingga delapan jam, dan saat habis, Volt masih bisa bekerja dalam mode manual. Aksesori stabilisator ini tersambung ke smartphone via Bluetooth, dan produsen sudah menyiapkan app companion buat device Android dan iOS di mana Anda dapat melakukan tuning lebih jauh.

Steadicam Volt bisa Anda pesan sekarang juga di Kickstarter, dijajakan seharga mulai US$ 140 khusus bagi para backer. Produk diperkirakan akan mulai didistribusikan pada bulan Juni 2017.