8 September 2015

by Yoga Wisesa

Tampil Bak Ultrabook Gaming, HP Omen Pro Diramu Buat Kelas Profesional

Walau tidak berpartisipasi langsung dalam pengembangan semikonduktor, Hewlett-Packard dikenal orang sebagai pencetus simbolis dari Silicon Valley. Perjalan HP belakangan berujung pada penyediaan gaming notebook yang sedang naik daun, mereka namai Omen. Tapi jika Anda belum puas dengan kinerjanya, HP telah menyiapkan jelmaan unik dari Omen.

Di era PC+, sebuah laptop harus diramu demi memenuhi fungsi tertentu. Masih merupakan bagian dari keluarga HP Omen, sang produsen PC asal Palo Alto itu memperkenalkan Omen Pro. Terlepas dari penampilan luarnya, Omen pro bukanlah versi upgrade Omen. Kata 'Pro' di nama mempunyai arti harfiah profesional. Dan notebook ini masuk dalam kategori mobile workstation.

Penjelmaan HP Omen Pro hampir identik dengan saudara gaming-nya. Laptop mengusung material aluminium berketebalan kurang dari 2 sentimeter. Tubuhnya dirancang menyerupai trapesium terbalik, terdapat titik-titik lubang di punggung, dan ada rangkaian lubang speaker vertikal di kiri serta kanan papan ketik. Saat ditimbang, bahkan bobotnya pun menyerupai varian Omen standard, yaitu sekitar 2,2 kilogram. Jadi apa bedanya?

Info menarik: Sambut Windows 10, HP Perkenalkan EliteBook 1020 Edisi Terbatas

Tentu saja pada komposisi hardware. Di sana, HP membenamkan tipe prosesor yang lebih gesit, Intel Core i7-4720HQ, dan kartu grafis Intel HD Graphics 4600, plus GPU spesialis computed-aided design Nvidia Quadro K1100M 2GB. Komponen dipadu memori DDR3 8GB (maksimal 16GB), penyimpanan jenis SSD Z Turbo Drive (pilihan antara 256 dan 512GB), serta baterai 58WHr. Omen Pro dibekali layar sentuh, namun menariknya, ia dibundel bersama OS Windows 7.

Membahas panel tersebut, Omen Pro juga dilengkapi display berukuran 15,6-inci dengan resolusi full-HD 1080p. Melihat spesifikasi di atas, Pro memang lebih pantas digunakan para profesional pencipta game, dibanding sekedar penikmat permainan video pada umumnya. Notebook masih memanfaatkan chip ber-mikroarsitektur Intel Haswell, dan berdasarkan website resmi, belum ada kabar soal update Skylake.

HP menawarkan dua pilihan dasar, dan dua lagi model top-end. Harganya berkisar antara US$ 2.100 sampai US$ 3.700. Model tambahan dipersenjatai prosesor Intel Core i7-4870HQ. Aksesori yang bisa Anda beli meliputi HP 3005pr USB 3.0 Port Replicator, keyboard dan mouse wireless, adapter HDMI ke VGA, layar UHD HP Z27s 27-inci dan monitor IPS LED HP Z Display Z24i 24-inci.

Uang yang Anda bayarkan sudah termasuk lisensi software bisnis selama 48 bulan, layanan HP Elite Premium Support, dan garansi selama tiga tahun.

Sumber: HP.com.