Tandai Peluncuran Windows 10, Microsoft Akan Rilis Dua Smartphone Lumia Kelas Atas?

Kendati sedang disibukkan dengan persiapan mematangkan OS Windows 10, Microsoft sepertinya tetap menyempatkan diri untuk menggodok perangkat smartphone seri Lumia terbaru. Dimana menurut rumor raksasa Redmond sedang mempersiapkan dua smartphone high end yang dijadwalkan melenggang di tahun ini juga.

Menurut Unleashthephones, ada dua varian Lumia terbaru yang sedang dalam baris antrian Microsoft. Mereka menggunakan codenameCityman dan Talkman yang disebut-sebut akan menjadi dua varian pertama yang dijejali sistem operasi Windows 10.

Cityman merupakan varian Lumia paling superior, dibalut layar QHD 5,7 inci dan prosesor bertenaga dari Qualcomm dengan prosesor octa-core. Sayang tidak disebutkan model apa yang dipilih oleh Microsoft. Apakah Snapdragon 810 mengikuti jejak HTC atau Snapdragon 808 seperti yang dipilih oleh Huawei untuk P8-nya.

Info Menarik: BUILD 2015 Hadirkan Visi Besar Microsoft Untuk Konsumen

Tak kalah menjanjikan ada RAM 3GB sebagai aktor pendukung prosesor, lalu kamera utama beresolusi 20MP yang tentu patut diperhitungkan serta dukungan kamera 5MP di bagian depan.

Sementara untuk mengimbangi akselerasi perangkat, Cityman dibekali memori internal 32GB dan baterai berukuran besar, 3.300mAh. Kombinasi yang sangat baik untuk mengakomodasi kebutuhan operasional perangkat.

Varian kedua, Talkman mencomot beberapa hardware di varian pertama namun tetap punya identitas yang membuatnya berbeda. Antara lain layar lebih kecil yakni 5,2 inci, kemudian jeroan bermodalkan proses hexa-core dalam chipset Snapdragon dari Qualcomm. Kemungkinan besar adalah Snapdragon 808. Kemudian baterai turun sedikit menjadi 3.000mAh.

Laporan ini belum mendapat tanggapan dari Microsoft. Seperti yang sudah-sudah, kita hanya bisa mengetahui kebenaran kabar ini setelah sang vendor membuat pengumuman resminya yang dipercaya akan serentak atau tak lama setelah peluncuran sistem operasi Windows 10.

Sumber berita GSMArena dan gambar header ilustrasi Lumia 930.