28 April 2017

by Bambang Winarso

Tanggal Rilis BlackBerry KEYOne Akhirnya Diungkap

BlackBerry KEYOne akan dirilis ke Amerika, Kanada dan Inggris di bulan Mei dengan tanggal yang berbeda

Seperti dikabarkan sebelumnya, TCL menjadi perusahaan rekanan yang akan memproduksi perangkat Android berlabel BlackBerry yang menghadirkan komponen ikonik, keyboard fisik QWERTY. Ponsel pintar bernama BlackBerry KEYOne ini sudah diumumkan beberapa bulan yang lalu di ajang Mobile World Congress 2017, dan kini BlackBerry resmi mengumumkan kapan perangkat barunya itu dirilis ke konsumen, khususnya untuk pasar Eropa.

Dikutip dari Thenextweb, BlackBerry KEYOne bakal dihadirkan ke pasar Inggris pada tanggal 5 Mei 2017 dengan banderol £499 melalui operator setempat. Kabar baiknya, salah satu department store setempat, Selfridges sudah membuka pintu pre-order buat konsumen di sana.

Sedangkan pre-order di Kanada baru akan dibuka pada tanggal 18 Mei dan diluncurkan 13 hari setelahnya, di tanggal 31 Mei melalui beberapa operator, antara lain Bell, Bell MTS, Rogers, SaskTel dan TELUS Business. BlackBerry juga memastikan kehadiran KEYOne di pasar Amerika Serikat yang ditawarkan dalam dua versi, GSM dan CDMA melalui operator setempat. Di negeri Paman Sam, BlackBerry KEYOne dijajakan di kisaran $549.

Spesifikasi BlackBerry KEYone terbilang cukup baik. Layarnya mempunyai lebar 4,5 inci dengan resolusi 1620 x 1080 dan mempunyai kepadatan piksel di 434ppi serta aspek rasio 3:2. Perangkat dibangun dari bingkai aluminium dengan tektur soft touch di bagian belakang. Di bagian inilah bersemayam kamera 12MP dengan sensor Sony IMX378 dengan ukuran pixel 1.55 micron yang kemudian dilengkapi kamera depan 8MP handal.

Untuk menjamin kamera dan Android Nougat 7.1 di dalamnya berjalan mulus, TCL membenamkan chipset Snapdragon 625 seperti Moto G5 Plus dan grafis Adreno 605 yang secara default mendukung pengisian cepat Qualcomm Quick Charge 3.0. Teknologi ini menjamin pengguna mendapatkan separuh dari kapasitas baterai 3.505mAh dapat terisi hanya dalam waktu 36 menit pengisian.

Sumber berita AndroidPolice.