Categories

Feature

Tanggung Jawab Chief Data Officer Ubah Data Jadi Sesuatu yang Berguna

Chief Data Officer diharapkan mampu membawa bisnis meningkatkan market share dengan memanfaatkan data yang ada dengan kemampuan-kemampuan yang ia miliki

Prayogo Ryza - 28 July 2016

Aliran deras data dari berbagai kanal pemasaran dan kanal-kanal lain menjadi pekerjaan serius bagi bisnis. Belum lagi teknologi IoT (Internet of Things) yang bisa mengalirkan data real time yang lebih deras dari biasanya. Kondisi ini memaksa bisnis atau perusahaan menempatkan orang-orang khusus untuk mengemban tugas ini. Memelihara data dengan memastikan kualitasnya sekaligus mengekstrak nilai-nilai yang ada di dalamnya.

Menumpuknya banyak data memaksa bisnis untuk mengambil sesuatu yang bermanfaat dari data-data tersebut. Banjir data harus segera dimanfaatkan untuk tujuan bisnis dan rencana-rencana strategis seperti memahami secara mendalam kebutuhan pelanggan tanpa harus mengajukan pertanyaan dari mereka, menciptakan produk dan layanan baru yang depersonalisasi tanpa merumitkan mereka, mengelola risiko dan memenuhi tuntutan petuturan, dan lain sebagainya.

Banyak kemungkinan positif dari pengelolaan data yang memaksa para petinggi bisnis dan perusahaan menempatkan beberapa persen modal perusahaan mereka untuk berinvestasi ke alat atau perangkat lunak untuk pengolahan data dan profesional yang bertanggung jawab untuk masalah data.

Memanfaatkan data untuk membangun sebuah model prediksi yang bisa melakukan skenario tertentu menjadi salah satu alasan kuat mengapa Chief Data Officer diperlukan. Peran ini membutuhkan kombinasi pengalaman di ranah bisnis dan data manajemen, termasuk juga kemampuan matematika dan statistik dan membangun model prediksi dan perspektif.

Chief Data Officer juga memiliki tanggung jawab berat, salah satunya adalah menyuguhkan wawasan dari data-data yang ada sebagai pendukung keputusan. Termasuk juga prediksi-prediksi yang akan datang dari data-data yang dikumpulkan.

Secara umum Chief Data Officer diharapkan mampu membawa bisnis meningkatkan market share dengan memanfaatkan data yang ada dengan kemampuan-kemampuan yang ia miliki. Tentu Chief Data Officer tidak sendirian, umumnya tim data, selain Chief Data Officer, juga dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak canggih, staf-staf profesional lain dan juga seluruh elemen perusahaan yang menjaga kualitas data yang menjadi tanggung jawab masing-masing.

- Disclosure: DailySocial bekerja sama dengan Bigdata-madesimple.com untuk seri penulisan artikel tentang big data.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter