Categories

Internet

Tanpa Bluetooth, Wireless Earphone HearNotes Kompatibel dengan Bermacam Perangkat

Glenn Kaonang - 18 May 2015

Earphone nirkabel sudah menemani kita selama beberapa tahun. Akan tetapi ada problem di balik istilah nirkabel tersebut, yakni masih adanya sepotong kabel yang menyambungkan earpiece kiri dan kanan. Hal ini berarti earphone tersebut tidak benar-benar wireless, meski beberapa sudah ada yang benar-benar tidak disertai kabel satu sentimeter pun.

Salah satunya adalah HearNotes. Produk ini belum lama muncul di Kickstarter, dan targetnya pengumpulan dananya sudah terlampaui. HearNotes menolak disebut wireless, ia lebih memilih istilah wirefree karena ia sama sekali tidak melibatkan kabel.

HearNotes terdiri dari dua bagian. Bagian pertama adalah sepasang earpiece berisikan driver balanced armature yang Anda pasangkan di telinga kiri dan kanan – masing-masing dilengkapi pengait agar tidak mudah terlepas meski Anda gunakan saat sedang berolahraga, plus tahan terhadap guyuran keringat Anda.

Info menarik: Sisipkan Fungsi Wireless ke Earphone Apapun dengan Noble BTS

Bagian kedua adalah unit transmitter bersifat universal. Unit transmitter berukuran kecil ini menancap ke jack audio 3,5 mm standar, tanpa peduli apakah perangkat yang menjadi sumber audio tersebut dilengkapi konektivitas nirkabel atau tidak. HearNotes memanfaatkan teknologi yang dinamai KLEER ketimbang Bluetooth untuk memberikan performa yang lebih mantap.

KLEER sendiri sejatinya sudah cukup banyak dipakai oleh sejumlah pabrikan perangkat audio. Teknologi ini memungkinkan reproduksi suara yang setara dengan kualitas CD, alias tanpa kompresi. Dan yang paling penting, kompatibilitasnya amat luas; asalkan suatu perangkat sumber audio dilengkapi jack 3,5 mm, maka ia bisa meneruskan musik digital ke headphone/earphone yang disertai teknologi KLEER, dengan jarak maksimum sekitar 15 meter.

Lebih lanjut, tidak ada proses pairing yang perlu dijalani. Dan transmitter-nya telah dilengkapi unit power supply sendiri sehingga smartphone Anda tidak akan terkuras dayanya secepat menggunakan sambungan Bluetooth.

Info menarik: Cynaps Adalah Topi Sekaligus Headphone Wireless Masa Depan

Bagian menarik lain dari HearNotes adalah carrying case-nya. Selai menampung masing-masing earpiece dan transmitter milik HearNotes, boks ini juga berfungsi sebagai charger. Anda hanya perlu menempatkan HearNotes di dalamnya, sambungkan kabel micro USB ke kotak tersebut, maka charging akan berlangsung secara induktif. Lampu indikator LED akan menampilkan berapa banyak baterai yang tersisa.

HearNotes saat ini sudah bisa dipesan melalui kampanye di Kickstarter seharga $279 (± Rp 3,65 juta), lebih murah $70 ketimbang harga ritelnya nanti – belum termasuk biaya pengiriman internasional.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter