Categories

Berita

Tantang Internet.org, Mastel Sarankan Operator Bekerja Sama Hadirkan Internet Nusantara

Menghadirkan layanan berkonten lokal untuk pasar lokal

Prayogo Ryza - 7 May 2015

Ketua Umum Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) Kristiono memberikan tanggapan tentang program Internet.org milik Facebook yang baru-baru ini diluncurkan di Indonesia. Ia menyayangkan sikap operator Indonesia yang seakan berebut untuk bekerja sama dengan internet.org untuk menyuguhkan internet gratis. Ia menyarankan operator untuk saling bekerja sama dengan menghadirkan Internet Nusantara.

Kristiono beranggapan bahwa kampanye internet bebas pulsa yang diusung Facebook melalui program Internet.org hanya akan dinikmati oleh negara asal Facebook dan tidak akan menimbulkan dampak apa-apa bagi Indonesia. Menurutnya Indonesia hanya dijadikan pasar bagi Facebook.

"Sah-sah saja kalau mereka mau menggratiskan Internet tapi jangan untuk kepentingan bisnis. Seperti, belanjanya ke luar tapi market-nya ada di sini (Indonesia). Semua service dan devisanya keluar," ujar Kristiono.

Lebih jauh Kristiono menjelaskan bahwa dengan menanggapi program tersebut seperti ini bukan berarti dirinya anti asing. Ia berdalih para pemain Over The Top (OTT) tersebut belum membangun infrastruktur data center di Indonesia sehingga data penggunanya masih tersimpan di luar negeri, tepatnya di negara asal perusahaan tersebut.

"Pokoknya mereka harus bangun infrastruktur di sini. Komunikasinya dengan teman-teman di sini tapi bandwith-nya sampai ke Amerika. Selain itu juga, data pengguna e-commerce masih di luar tapi jualan di sini," paparnya.

Kristiono menyarankan, alangkah baiknya jika para operator seluler bekerja sama untuk menghadirkan program tandingan dengan nama Internet Nusantara. Ia menjelaskan bahwa program Internet Nusantara nantinya dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia dan yang data serta kontennya berasal dari lokal

"Kalau Internet Nusantara kan market-nya di Indonesia. Layanan datanya dan trafiknya juga di Indonesia," imbuhnya.

Seperti diketahui bersama, sebelum sepakat dengan Indosat sebagai partner penyelenggaraan program Internet.org di Indonesia Facebook telah melakukan trial dengan XL . Kesepakatan Facebook dan XL urung terjadi karena terdapat ketidakcocokan model bisnis yang diusung keduanya.

Program aplikasi mobile Internet.org memungkinkan pengaksesan beberapa layanan secara gratis menggunakan kartu SIM Indosat (IM3, Mentari, dan Matrix). Layanan lokal yang dapat dinikmati gratis melalui program ini adalah Tokopedia dan Kelase.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter