Categories

Berita

Google Sosialisasikan "Tanya Aja Google App"

Menyempurnakan algoritma untuk memproses bahasa Indonesia, termasuk untuk kalimat panjang dan bahasa kasual

Michael Erlangga - 29 May 2015

Berdiri sebagai sebuah perusahaan mesin pencari di awal mula karirnya, Google dewasa ini mewujud sebuah perusahaan teknologi raksasa yang mendunia. Menyadari perbedaan perilaku pengakses Internet di dunia saat ini, Google melakukan pendekatan yang berbeda untuk menyempurnakan produk Google Search yang menjadi tonggak sejarahnya.

Google melihat dua hal yang berbeda dari pencarian yang dilakukan di layanan mereka: pengguna mengetik kalimat pertanyaan yang lebih panjang, dan menggunakan gaya bahasa yang lebih kasual seperti berbicara dengan seorang teman. Hal tersebut lantaran pengadopsian teknologi menjadi mainstream dan keseharian tak lepas dari perangkat mobile yang dimiliki oleh masyarakat. Dalam kampanye "Tanya aja Google App", Google akan mensosialisasikan keberadaan mesin pencari mereka yang semakin nyaman diakses.

“Perilaku pengguna turut berevolusi seiring penyesuaian teknologi yang juga terus berkembang. Hal ini yang tercermin dari mesin pencari Google yang mengalami perubahan yang sangat menarik. Dibandingkan dengan awal mula diciptakan, mesin pencari Google saat ini memiliki algoritma yang jauh lebih relevan, dan orientasi hasil yang lebih terpersonalisasi,” ucap Consumer Marketing Manager Google Indonesia Sandy Tantra, saat berdiskusi dengan tim DailySocial siang tadi (28/5).

Peran yang saat ini ingin dimainkan Google ialah keberadaan mesin pencari mereka yang mampu menjawab segala pertanyaan-pertanyaan dengan bahasa yang lebih santai dan bersahabat. Sandy mengungkapkan bahwa proses mengindeks menjadi jauh lebih baik, masyarakat dapat fokus memperkaya kualitas dari isi konten maupun produk, lalu setelahnya biarkan Google yang bekerja untuk mendistribusikannya.

“Google mengantisipasi fakta kalau Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan smartphone tertinggi, di mana netizen akan mengandalkan ponsel untuk menemukan informasi yang bisa membuat rutinitas mereka lebih mudah. Dari informasi mengenai model rambut yang tengah tren, hingga mencari resep untuk makan malam, kami sangat senang bisa menjadi bagian dari hal ini,” tutup Sandy.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter