Categories

Social Media

[TanyaBangwin] Apa yang Bisa Dilakukan dengan Social Media untuk Manajemen Artis

Abang Edwin SA - 15 August 2013

TanyaBangwin adalah kolom di Trenologi yang dijalankan bekerja sama dengan Abang Edwin SA, seorang social media consultant dan online business advisor. Untuk kolom kali ini akan dibahas seputar bagaimana penggunaan media sosial untuk band atau manajemen artis. Selamat membaca.

Pertanyaan:

Hi Bang Win,

Saya kebetulan bekerja sebagai manager untuk beberapa band indie baru. Selama ini saya menggunakan social media untuk memberikan informasi tentang gigs band-band yang saya handle. Nah pertanyaan saya selain untuk ngasih informasi atau pengumuman pada fans, apalagi ya yang bisa dilakukan dengan social media channel agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal? Thanks ya Bang Win

Luki M

Jawaban:

Hi Luki,

Senang akhirnya ada pertanyaan yang berkaitan dengan musik juga ke kolom ini. Ok, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa social media as a tools punya karakteristik yang berbeda dengan media-media lainnya. Dengan social media, informasi bisa sangat cepat tersebar dan terus tersebar sampai informasi tersebut kehilangan relevansinya. Kebetulan Luki sudah menggunakan social media untuk menyebarkan informasi, awal yang tepat menurut saya. Sekarang apa lagi yang bisa kita lakukan untuk kepentingan artis atau musisi? Mari kita bahas satu per satu.

Yang membuat seorang artis atau sebuah band itu bisa dikenal, diapresiasi dan bahkan hidup mendapatkan penghasilan adalah fans mereka, oleh karena itu jika kita berbicara mengenai social media, maka hal utama yang harus diperhatikan adalah bagaimana social media bisa berfungsi sebagai wadah agar si artis atau band bisa terkoneksi dengan para fans mereka.

Social media tidak hanya membuat artis dan fans terkoneksi, tapi social media juga membuat kedua belah pihak bisa berkomunikasi, ngobrol, sharing dan hal-hal yang sifatnya interaksi. Kedekatan yang dihasilkan akan membuat fans jadi semakin loyal terhadap artis kesayangan mereka.

Dalam konteks bisnis pun social media bisa membuat pekerjaan manager jadi lebih mudah. bayangkan jika ada pihak yang ingin mengundang si artis untuk manggung, dengan hanya mengunjungi website resmi mereka maka kedua belah pihak akan mudah terhubungkan. Artis pun bisa menggunakan social media untuk menjual merchandise, tiket pertunjukkan, dan lain sebagainya lewat social media atau menggunakan social media sebagai penyampai pesan.

Begitu kira-kira secara garis besar gambaran bagaimana social media bisa berperan dalam membantu manajemen artis dalam menjalankan pekerjaannya. Jika ingin tahu lebih dalam, silahkan kita diskusikan di bagian comment di bawah.

Salam,

Bangwin

Catatan:

Bagi yang ingin bertanya tentang hal-hal yang kaitannya dengan social media, community management dan online business pada kolom [TanyaBangwin] ini, silahkan mengirimkan pertanyaannya ke tanyabangwin[at]gmail[dot]com.

Jangan lupa menyertakan akun Twitter/FB nya sehingga bisa di mention ketika kolom ini terbit. Usahakan pertanyaan yang diberikan bisa memicu penjelasan yang berbentuk artikel (salah satu ketentuan agar pertanyaannya bisa terpilih nantinya).

Sumber gambar header: Anna Omelchenko/Shutterstock.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter