Categories

Social Media

[TanyaBangwin] Apakah Ada Aturan Khusus Bagi Caleg dalam Menggunakan Social Media?

Abang Edwin SA - 10 October 2013

TanyaBangwin adalah kolom di Trenologi yang dijalankan bekerja sama dengan Abang Edwin SA, seorang social media consultant dan online business advisor. Untuk kolom kali ini akan dibahas tentang bagaimana calon legislatif bisa menggunaan social media dalam membangun nilai elektabilitas. Mari kita simak.

Pertanyaan:

Hai Bang Win,

Berkaitan dengan makin dekatnya tahun 2014 dimana suhu politik di dalam negeri pasti akan makin bergejolak maka pertanyaan saya adalah adakah aturan main yang baik bagi para calon legislatif dalam menggunakan social media sehingga bisa berdampak pada nilai elektabilitas mereka dimata masyarakat?

Syamsuddin

Jawaban:

Halo mas Syamsuddin,

Sebenarnya tidak ada aturan baku ya, namun sebenarnya bisa digunakan best practice pada bidang-bidang lain juga karena tidak ada perbedaan yang signifikan. Misalnya secara etika kaidah-kaidah dan norma-norma yang kita pegang di dunia nyata masih tetap bisa dijadikan acuan, misalnya tidak boleh memperlakukan orang lain dengan perilaku tidak menyenangkan, atau hindari pertentangan secara fisik, dan lain sebagainya. Khususnya caleg, saya pikir bisa menggunakan social media sebagai sarana agar bisa mengangkat awareness terhadap mereka. Juga bisa menggunakan social media untuk penyampai pesan dan juga pencitraan jika dibutuhkan.

Perlu diingat, dunia online itu seperti dunia yang berbeda dengan dunia real, padahal sama. Jadi aturan-aturan umum masih berlaku. Jadi memang mesti hati-hati juga terhadap jebakan-jebakan di internet yang kadang kala harus dibayar sangat mahal dengan nama dan reputasi para caleg tersebut.

Kira-kira begitu…

Salam,

Abang Edwin SA

Catatan:

Bagi yang ingin bertanya tentang hal-hal yang kaitannya dengan social media, community management dan online business pada kolom [TanyaBangwin] ini, silahkan mengirimkan pertanyaannya ke tanyabangwin[at]gmail[dot]com.

Jangan lupa menyertakan akun Twitter/FB nya sehingga bisa di mention ketika kolom ini terbit. Usahakan pertanyaan yang diberikan bisa memicu penjelasan yang berbentuk artikel (salah satu ketentuan agar pertanyaannya bisa terpilih nantinya).

Gambar header: social media via Shutterstock. 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter