Categories

Interview

Tapp Market Segera Luncurkan Layanan Asuransi Mikro dan Rambah Penjualan Produk Fisik (Updated)

Asuransi Mikro akan diluncurkan pada pertengahan Maret 2016 untuk pasar Indonesia, Filipina, dan Thailand

Adjie Priambada - 14 March 2016

Ada yang baru dari Tapp Market, aplikasi mobile besutan Tapp Commerce yang memberdayakan kelompok atau perorangan menjadi agen titik pembayaran demi mendorong akses finansial yang lebih baik. Di pertengahan Maret ini, Tapp Market berencana untuk meluncurkan layanan Asuransi Mikro setelah berhasil menggandeng ACE Insurance. Selain itu, Tapp juga berjanji merealisasikan perluasan kategori penjualan ke produk fisik di akhir April 2016.

Tapp Market hadir di Indonesia pada Juli 2015 silam dengan membawa visi menciptakan peluang perdagangan dan jaringan yang baru untuk meningkatkan partisipasi ekonomi serta kualitas hidup bagi banyak orang. Namun ketika itu aplikasi Tapp hanya tersedia untuk para agen, bukan individu yang menjadi konsumen. Baru pada Desember 2015 kemarin aplikasi untuk konsumen resmi diluncurkan.

Layanan Asuransi Mikro

Di awal tahun 2016 ini, Tapp ingin merealisasikan beberapa pengembangan layanan yang telah direncanakan sebelumnya. Salah satunya adalah menghadirkan layanan aplikasi baru berupa Asuransi Mikro yang rencananya akan diluncurkan pada pertengahan Maret 2016. Layanan ini dapat terealisasi berkat kerja sama antara Tapp dengan ACE Insurance yang baru-baru ini mengakuisisi Chubb.

“Maret ini, kami kerja sama esklusif dengan ACE Insurance. Jadi kami akan jadi merchant, channel pembayaran untuk Asuransi Mikro dari ACE. Asuransi Mikro ini [contohnya adalah] asuransi kecelakaan dalam satu bulan atau dua bulan, dengan fee [premi yang dibayar] antara Rp 10.000 sampai Rp 30.000 sekali bayar,” ujar General Manager Tapp Commerce Indonesia Wirawan Wijatmiko ketika ditemui di kantor Tapp yang berlokasi di Jakarta.

Wira menambahkan, “Kami tahu bahwa demand asuransi di Indonesia memang masih rendah. Maka dari itu kami ingin createdemand-nya [jadi tinggi] lewat layanan asuransi mikro ini.”

Lebih jauh Wira juga menjelaskan bahwa agreement antara Tapp dan ACE ini adalah dalam skala global. Namun, Indonesia dipilih sebagai negara pertama untuk meluncurkan layanan ini secara resmi. Selain Indonesia, negara Filipina dan Thailand juga direncanakan untuk bisa menikmati layanan yang sama.

Konsumen yang tertarik untuk mengikuti layanan ini dapat mendatangi agen terdekat Tapp. Kemudian agen tersebut akan membantu konsumen untuk memilih skema, paket, hingga jangka waktu yang diinginkan. Setelah menyetujui term and condition, saldo agen akan terpotong secara otomatis.

Saat ini, Tapp sendiri sedang melatih agen-agen yang sudah bergabung agar dapat menggunakan layanan Asuransi Mikro yang direncanakan meluncur pada pertengan Maret 2016.

Perluasan penjualan kategori ke produk fisik

Selain meluncurkan layanan asuransi Mikro, Tapp juga berencana untuk segera merealisasikan perluasan penjualan kategori ke produk fisik. Seperti yang sudah diketahui, saat ini layanan penjualan produk Tapp masih didominasi oleh produk digital seperti pembelian pulsa, token listrik, dan juga voucher permainan. Lewat penjualan produk fisik ini, nantinya konsumen dapat membeli produk-produk fisik yang dijual agen ataupun merchant e-commerce rekanan Tapp.

Country Manager Tapp Commerce Indonesia Deddy Satrya Prihadi mengatakan, “Jadi penjual kami ada dua macam. Yang kami sebut merchant itu corporate based, seperti perusahaan e-commerce yang mau menambah channel penjualan dia lewat Tapp. Selain corporate based tadi, agen juga bisa jadi seller di Tapp. Jadi, lewat ponsel pintar mereka bisa unggah produk dan jualan lewat Tapp.”

Deddy juga mengungkap bahwa ke depannya, fitur location based akan ditingkatkan dengan menambahkan fitur follow. Lewat fitur tersebut konsumen dapat melihat agen yang bergerak dan tak menutup kemungkinan agen tersebut yang akan mendatangi konsumen. Bukan konsumen yang harus mendatangi agen lagi.

Tapp sendiri mengklaim kini telah melakukan beberapa optimasi pada aplikasi dengan UI/UX yang baru di halaman registrasi dan peta yang menampilkan lokasi agen. Selain itu, ada fitur chat yang telah disematkan. Tapp juga mengklaim bahwa kini agen yang telah bergabung telah meningkat menjadi 25.000 agen yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tapp dapat diakses melalui aplikasi mobile yang tersedia untuk perangkat Android dan juga melalui aplikasi peramban di desktop.

Update: Layanan micro insurance Tapp telah resmi meluncur sejak 18 Maret 2016 dengan produk pertamanya bernama Personal Accident Plan.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter