Dalam tiga tahun belakangan pengembangan aplikasi mobile Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bentuknya pun mulai beragam. Salah satu yang baru meluncur di penghujung bulan Januari tahun ini adalah Tarkam Apps. Sebuah aplikasi yang disiapkan sebagai media informasi dan bertanding tim-tim amatir futsal. Aplikasi akan menyimpan data pemain, data klub futsal, lengkap dengan jadwal dan informasi lainnya, termasuk fitur untuk mengajukan dan menerima tantangan dari klub lain untuk bertanding.

Konsep dasar aplikasi ini mempertemukan tim amatir satu dengan yang lain. Pengguna diperkenankan mengelola timnya, mengisi jadwal bermain, komposisi tim, hingga status tim. Selain mempertemukan tim futsal, aplikasi ini juga disiapkan sebagai jembatan pemain futsal amatir untuk menemukan tim untuk bermain. Aplikasi ini juga bisa membantu pengguna yang hobi bermain futsal untuk menemukan lawan dan kawan bertanding dengan mudah.

“Cara kerja aplikasi untuk saat ini masih fitur beta di mana setiap user bisa membuat tim mereka sendiri, lalu mengundang anggota timnya, lalu mencari lawan tanding untuk bermain sesuai lokasi terdekat atau yang mereka pilih. Apabila user mempunyai jadwal main yang rutin mereka bisa menjadi host di mana dia bisa input jadwal main mereka, tanggal, jam dan hari lalu di lapangan mana. User juga bisa menyertakan harga lapangannya akan share atau free to play untuk lawannya. Setelah mereka berhasil match dengan lawan mainnya akan muncul di fitur match day supaya orang lain mengetahui bahwa ada tim yang akan segera bertanding. Setelah bermain pun user bisa meng-update hasil pertandingan mereka dan para pengguna aplikasi Tarkam dapat melihat hasil pertandingan itu,” terang CEO Tarkam Evan Sebastian.

Saat ini status aplikasi Tarkam Apps sendiri masih terus dikembangkan untuk menyempurnakan dan melengkapi fitur-fitur yang ada. Selain tersedia di Google Play, Tarkam Apps juga berencana meluncur untuk perangkat iOS.

Penggunaan aplikasi Tarkam Apps
Penggunaan aplikasi Tarkam Apps

Rencana pengembangan selanjutnya

Meski belum genap berusia satu tahun, Evan sudah merancang pengembangan aplikasi ini. Ia bercerita bahwa ke depan Tarkam Apps diharapkan mampu menjadi database yang lengkap untuk klub dan pemain futsal di Indonesia. Lengkap dengan statistik bertanding dan kemampuan masing-masing pemainnya.

Untuk mencapai ke titik itu, Evan menjelaskan pihaknya masih sangat fokus pada pertumbuhan pengguna. Rencana-rencana pemasaran sudah disiapkan untuk mengenalkan aplikasi ini ke pada khalayak ramai.

Untuk melengkapi fitur di aplikasi Tarkam Apps, Evan menyiapkan fitur terintegrasi dengan penyedia lapangan futsal untuk memastikan jadwal dan ketersediaan lapangan. Evan sendiri mempunyai mimpi untuk mengintegrasikannya dengan seluruh penyedia lapangan di Indonesia, hanya saja untuk tahap awal pihaknya masih fokus untuk kawasan Jabodetabek.

“Bentuk nyata Tarkam dalam mendukung perkembangan sepak bola dan futsal di Indonesia adalah dengan memberikan inovasi melalui perkembangan teknologi. Fitur- fitur yang ada di Tarkam berfungsi menjadi media yang memfasilitasi para pengguna agar lebih mudah memainkan olahraga ini. Harapan kami banyak anak bangsa yang mampu mewujudkan cita-citanya melalui aplikasi Tarkam untuk menjadi atlet sepak bola dan futsal profesional,” tukasnya.

Application Information Will Show Up Here