Categories

Gadget

TCL Umumkan Tiga Smartphone di Bawah Namanya Sendiri: TCL 10 Pro, TCL 10L, dan TCL 10 5G

Salah satunya mengemas layar AMOLED produksi sendiri, bukan bikinan Samsung

Glenn Kaonang - 7 January 2020

TCL mengawali tahun 2020 ini dengan turun langsung ke industri smartphone menggunakan namanya sendiri setelah selama ini menjadi pemegang brand Alcatel. Tidak tanggung-tanggung, tiga ponsel sekaligus mereka umumkan di ajang CES yang tengah digelar di kota Las Vegas.

Ketiganya adalah TCL 10 Pro, TCL 10 L, dan TCL 10 5G. TCL rupanya masih menyimpan detail lengkap mengenai ketiganya untuk diungkap pada acara peluncuran resminya di MWC 2020 bulan depan, akan tetapi kita sudah bisa mendapat gambaran terkait sejumlah keunggulannya dari foto-foto yang dirilis.

TCL 10L / TCL
TCL 10L / TCL

Ketiganya punya banyak kemiripan, terutama sisi belakang yang dilengkapi oleh kuartet kamera. Spesifikasi lengkap kameranya belum diketahui, namun TCL 10L dan TCL 10 5G dipastikan bakal mengusung kamera utama 48 megapixel, sedangkan TCL 10 Pro berbeda sendiri dengan kamera 64 megapixel.

Secara fisik, TCL 10 Pro juga paling berbeda. Punggungnya bebas dari sensor sidik jari, sebab TCL sudah menanamkannya di balik layar yang memiliki notch kecil di bagian atasnya. TCL 10L dan TCL 10 5G di sisi lain malah mengemas perpaduan sensor sidik jari di belakang beserta layar model hole-punch.

TCL 10 5G / TCL
TCL 10 5G / TCL

Fakta lain yang cukup menarik terkait TCL 10 Pro adalah, panel AMOLED yang digunakan bukanlah buatan Samsung, melainkan bikinan China Star Optoelectronics Technology (CSOT), anak perusahaan TCL yang selama ini memproduksi panel layar untuk deretan TV besutan TCL sendiri.

Karena tidak mengandalkan pasokan komponen dari luar, ongkos produksinya pun bisa ditekan, demikian pula harga jualnya. TCL bilang bahwa banderol TCL 10 Pro tidak akan melebihi $500 untuk konfigurasi terendahnya saat mulai dipasarkan pada kuartal kedua mendatang. Untuk TCL 10L dan TCL 10 5G, harganya sudah pasti bakal lebih terjangkau lagi.

TCL 10 5G sendiri bakal bersaing di kelas yang sama seperti OPPO Reno3 Pro, apalagi mengingat chipset yang digunakan keduanya sama persis, yakni Qualcomm Snapdragon 765G. Lebih lengkapnya kita harus menunggu launching resminya menjelang akhir Februari nanti.



Sumber: PhoneArena dan TCL.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter