18 October 2021

by Lukman Azis

TCL Umumkan Thunderbird Smart Glasses Pioneer Edition, Kacamata Pintar dengan Layar Micro-LED Full-Color Transparan

Kacamata pintar ini menawarkan pengalaman baru yang lebih praktis daripada smartphone

Perkembangan teknologi kacamata pintar sejauh ini memang belum menggembirakan, tampaknya masih butuh waktu hingga benar-benar dapat diterima dan digunakan secara luas. Namun tren kacamata pintar diprediksi akan mulai ramai di tahun 2022 mendatang.

Kabar terbaru datang dari TCL, perusahaan pembuat alat elektronik konsumen asal Tiongkok itu telah mengumumkan smart glasses terbarunya, bernama Thunderbird Smart Glasses Pioneer Edition. Kacamata pintar ini menggunakan cahaya holografik waveguide dan teknologi layar MicroLED full-color yang transparan dengan algoritme pengoptimalan khusus yang dikembangkan sendiri oleh TCL selama tiga tahun terakhir.

Silahkan tonton video di bawah ini untuk melihat demonstrasi apa yang dapat dilakukan seseorang dengan Thunderbird Smart Glasses Pioneer Edition.

Ya, berkat teknologi kacamata yang awalnya berfungsi untuk memperjelas penglihatan berubah menjadi gadget pintar yang dapat mempermudah kehidupan penggunanya. Mulai dari membaca berita, mengecek jadwal kerja, melihat pesan, mengontrol smart home, mendapatkan navigasi, berbagi file, membaca laporan, terhubung ke mobil, dan lainnya. Semua itu, dapat dikontrol melalui gagang kacamata.

Demo tersebut juga menunjukkan bahwa kacamata Thunderbird punya kamera bawaan yang tersemat di pangkal hidung. Pengguna dapat melakukan zoom sebelum mengambil foto, lalu secara otomatis ditransfer ke smartphone.

Pada dasarnya, semua kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan mudah lewat smartphone, tetapi Thunderbird Smart Glasses Pioneer Edition menawarkan pengalaman baru yang jauh lebih praktis. Selain itu, sepertinya kacamata pintar ini masih membutuhkan smartphone Anda untuk menyediakan koneksi internet.

Saat ini, TCL belum mengungkapkan ketersediaan Thunderbird Smart Glasses Pioneer Edition untuk konsumen dan berapa harganya.

Sumber: GSMArena