1. Startup

Tech Startup Berlomba-lomba Ajukan IPO

Berita yang tidak terlalu mengejutkan datang tadi malam dari perusahaan ecommerce Groupon. Perusahaan yang berbasis di Chicago ini mengajukan Initial Public Offering (IPO) yang menempatkan Groupon di valuasi $30 milyar. Sebagai perbandingan, Facebook diramalkan akan mengajukan IPO dengan valuasi $80 milyar, lebih dari 2x lipat dari Groupon padahal Groupon bisa dibilang "pemain baru" di ranah e-commerce.

Facebook sendiri beberapa waktu lalu telah sukses mendapatkan funding sebesar $1.5 milyar dan sejak akhir tahun lalu terus digosipkan akan menggandeng Goldman Sachs untuk memimpin proses IPO dengan valuasi sebesar $80 milyar. Zynga, sebuah perusahaan social game juga dikabarkan sedang dalam proses pengajuan IPO yang mampu menempatkan perusahaan California ini di valuasi $10 milyar.

Layanan musik Pandora juga tak kalah dengan pemain lainnya,  setelah lebih dulu memulai proses pengajuan IPO. Minggu ini layanan musik tersebut telah menenetukan range harga IPO sebesar $7 sampai $9 dan berharap untuk mengumpulkan sekitar $141,6 juta dari IPO tersebut, menempatkan Pandora di valuasi $1,4 milyar.

Berita lain yang sangat kontras adalah rumor penjualan divisi mobile Nokia ke Microsoft sebesar $19 milyar. Meskipun hanya rumor dan mengingat fakta bahwa bisnis mobile Nokia makin menurun, agak aneh ketika kita mencoba membandingkan valuasi divisi mobile Nokia sebesar $19 milyar dengan valuasi gila dari Facebook ($80 milyar) dan Groupon ($30 milyar).

Bubble? Maybe.

Maybe not.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again