Categories

Berita

TechCrunch Dijual, Pembelinya Adalah AOL

Wiku Baskoro - 29 September 2010

TechCrunch resmi dijual kepada AOL, weblog dengan 'ikon' Michael Arrington ini kini resmi masuk dalam jaringan teknologi yang dimiliki AOL.

TechCrunch, Inc. yang banyak dikenal karena berita seputar teknologi mereka yang 'cepat', dalam arti sering menuliskan berbagai bocoran berita bahwa sebelum berita tersebut beredar di blog lain ini memiliki jaringan yang cukup besar, seperti MobileCrunch, CrunchGear, TechCrunchIT, GreenTech, TechCrunchTV and CrunchBase.

TechCrunch juga memiliki berbagai acara berkaitan dengan teknologi seperti TechCrunch Disrupt, yang menjadi tempat untuk peresmian pembelian perusahaan mereka oleh AOL. AOL sendiri juga bukan orang baru di dunia teknologi, mereka telah memiliki Engadget serta berbagai situs teknologi lain yang telah lebih dahulu mereka miliki, dengan pembelian TechCrunch akan menambah cakupan mereka atas berbagai konten tentang teknologi.

Menarik untuk melihat berbagai pendapat di dunia blog tentang akuisisi ini, bagi Anda yang mengikuti perkembangan seputar TechCrunch dan tentu saja tingkah laku Arrington di blog, mungkin juga punya pendapat yang sama dengan saya sendiri, apakah dengan akuisisi ini mereka bisa tetap kritis (cenderung pedas) untuk berbagai konten seputar teknologi, yang juga pasti akan berkaitan dengan AOL sendiri?

Dalam tulisan Arrington serta berita tentang akuisisi ini di TechCrunch, salah satu hal yang diberi garis tebal adalah tentang hal ini, Arrington dan TechCrunch mengatakan bahwa mereka akan tetap kritis dan tetap bisa menuliskan apapun yang mereka mau, seperti yang selama ini mereka lakukan. Tim Armstrong, CEO AOL juga menjamin hal ini, bahkan dia mengatakan bahwa, ciri khas yang dimiliki TechCrunch tidak boleh hilang dengan akuisisi ini.

Meski banyak weblog teknologi yang telah diakuisisi oleh perusahaan besar, bagi saya sendiri tetap menarik untuk melihat bagaimana motif dari akuisisi yang mereka hadapi, apalagi ini TechCrunch yang menjadi salah satu, dari sekian banyak panutan blog teknologi, yang menjadi acuan saya sendiri dalam menulis. Arrington sendiri mengatakan salah satu faktor yang membuat akuisisi ini terjadi adalah, bahwa ia lelah, Arrington bukan lelah menulis atau hadir menjadi pembicara di berbagai acara tekologi, namun lebih kepada hal-hal teknis yang berkaitan dengan situs mereka sendiri.

Karena TechCrunch berfokus pada tulisan serta penulis itu sendiri, maka akuisisi ini diharapkan bisa memberikan peran pada AOL untuk mengurus hal berbau teknis/teknologi dari situs TechCrunch, sedangkan tim TechCrunch tetap fokus pada penyediaan konten untuk para pembaca mereka. Selain itu jaringan penjualan AOL juga akan bisa membantu dalam memberikan pemasukan dari sisi iklan pada TechCrunch.

Sedangkan bagi AOL, akuisisi ini jelas akan menambah jumlah pembaca mereka serta, seperti yang dijelaskan oleh AOL sendiri, sebagai salah satu pencapaian strategi mereka untuk menjadi pemimpin dalam penyediaan konten secara global, terpercaya serta orisinal untuk para pembaca serta konsumen mereka.

Lalu berapa harga dari TechCrunch atas pembelian ini? Dalam rilis resmi mereka memang tidak ada penyebutan angka, namun beberapa blog teknologi, seperti GigaOm menyebutkanTechCrunch ini dibeli seharga $25 juta, namun blog lain menyebutkan jumlah yang berbeda.

Apakah ini menjadi jalan untuk akuisisi atas beberapa blog teknologi global lain? Kita lihat saja perkembangan selanjutnya, namun, seperti yang dituliskan ReadWriteWeb, akuisisi ini membuktikan tingkat valuasi dari blog teknologi itu sendiri, terutama ditengah perkembangan dunia internet dengan berbagai aplikasi, perusahaan besar, startupdan segala hal yang berkaitan dengannya, dan semoga saja, perkataan Arrington tentang kekritisan serta independensi mereka dalam menulis bukan hanya perkataan public relation saja, yang juga 'dibenci' oleh TechCrunch, bisa benar-benar dijaga dalam setiap artikel TechCrunch.

Untuk Anda yang tertarik membaca 'kisah' pembelian TechCrunch oleh AOL bisa melihat tautan ini, atau menuju situs TechCrunch langsung, tulisan Michael Arrington tentang akuisisi TechCrunch bisa dibaca di sini, serta video akusisi mereka bisa dilihat di tautan ini.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter