Gadget

TechNovator XE Bisa Charge Baterai Smartphone Dari Jauh?

Berkat terobosan ide M.S. Whittingham, baterai lithium mengambil andil dalam mentenagai jutaan smartphone di Bumi. Belakangan, kemajuan teknologinya tampak begitu cepat: dari mulai fast-charging sampai wireless. Semua penemuan itu diracik demi menjaga handset tetap aktif. Dan mungkin sebentar lagi kita akan jadi saksi penjelmaan terkini teknik charging.

Premis wireless charging awalnya memang terdengar menjanjikan, di mana proses isi ulang sama sekali tidak membutuhkan kabel. Namun buat banyak orang, cara tersebut masih belum dianggap inovasi karena kita tetap perlu menaruhnya di unit charger. Tapi bagaimana jika pengisian dapat dilakukan secara wireless sejati layaknya Wi-Fi? Hal inilah yang Ivan Chuba dan tim TechNovator coba berikan untuk Anda melalui produk bernama XE.

Developer mendekskripsikan TechNovator XE sebagai satu paket produk yang mampu men-charge baterai smartphone dari jauh. Caranya? XE disuguhkan dalam dua bagian, yaitu base station atau power router dan casing untuk dipasangkan ke perangkat bergerak. Power router terhubung ke colokan listrik, kemudian mengirimkan daya tersebut ke casing. XE memiliki jarak efektif sekitar 17 kaki atau kira-kira lima meter.

Cara kerja TechNovator XE berbasis dari sistem 'resonansi' medan elektromagnetik, sempat dimanfaatkan Nikola Tesla di tahun 1894 buat menyalakan lampu fosfor. Tenaga dipancarkan lewat kumparan transmisi yang beroperasi secara serasi. Metode pada dasarnya mirip prinsip radio rumah, koneksi mobile data, atau Wi-Fi. Perbedaan terletak pada frekuensinya saja. XE memungkinkan prosedur charging berjalan saat smartphone masuk dalam jangkauan.

Info menarikSangat Mungil, Charger Nipper Isi Ulang Device Anda Lewat Metode ‘Lawas’

Kita sering mendengar rumor tentang bahaya Wi-Fi, lalu bagaimana dengan teknologi di belakang XE? TechNovator menjamin XE bekerja di rentang frekuensi yang aman bagi manusia serta hewan, dan sama sekalit tidak memengaruhi peralatan rumah tangga.

Developer juga tidak lupa menggarap aplikasi khusus buat mengelola dan mengendalikan charger. Di sana Anda disajikan data statistik lengkap dan keleluasaan konfigurasi sistem. Dengan app, kita bisa mengatur prioritas serta memilih mode kapan tepatnya device harus diisi ulang. Uniknya lagi, terdapat fitur locator ala radar untuk mempermudah mencari lokasi power router.

Menurut developer, sejauh ini mobilitas smartphone terkekang oleh masalah daya tahan baterai, memotivasi mereka menciptakan XE. TechNovator berencana memulai kampanye di Kickstarter pada bulan November 2015, harga retail produk diprediksi sekitar US$ 200. Di awal periode pengembangan, XE kompatibel ke iPhone 6 dan 6 Plus, model akan diperluas jika penggalangan dana sukses.

Via Digital Trends. Sumber: Technovator.co.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter