E Ink Advanced Color ePaper Mulai Distribusikan

Teknologi E Ink Dengan Dukungan 32 Ribu Warna Mulai Didistribusikan

Panel ePaper tersebut mampu menampilkan gambar beresolusi 1600x2500-pixel dan kepadatan 150PPI 'full color gamut'.
Advanced Color ePaper.
Advanced Color ePaper.

Teknologi tinta elektronik/ePaper telah dikomersialisasikan sejak lebih dari 20 tahun silam, dan Anda mungkin sudah lama memanfaatkan perangkat yang mengusung teknologi ini. Electronic ink mempunyai karakteristik seperti tinta di atas kertas, membuatnya sangat ideal dimanfaatkan sebagai layar perangkat-perangkat e-reader karena tidak membuat mata cepat lelah.

Mungkin kekurangan terbesar dari tinta elektronik adalah penampilannya yang tidak secerah dan seatraktif layar berbasis OLED. Selain itu, mayoritas e-reader yang tersedia untuk konsumen saat ini hanya menyajikan warna monokromatis. Padahal sebetulnya, tinta elektronik berwarna telah E Ink Corp. singkap dua tahun lalu. Dan baru di bulan Agustus ini kabarnya teknologi bernama Advanced Color ePaper mulai didistribusikan.

Proses pengapalan Advanced Color ePaper baru ditujukan pada para klien, khususnya perusahaan-perusahaan pembuat reklame. Selanjutnya, mereka dipersilakan mengembangkan unit controller dan software untuk menampilkan gambar berbeda di layar. E Ink Corp. berharap teknologi ini bisa memasuki tahap produksi massal di akhir 2018 dan mulai memberikan keuntungan di tahun depan.

Sebelumnya, E Ink Corp. sempat meluncurkan tiga sistem layar berwarna sebelum ACeP (kependekan dari Advanced Color ePaper), yaitu Spectra, Prism, dan Triton. Namun ketika Triton cuma memiliki tiga jenis pigmen, lalu Triton dengan 4.096 warna dan 16 tingkatan grayscale-nya, tiap pixel pada ACeP mampu menghasilkan warna apapun dengan output yang jauh lebih cerah.

Advanced Color ePaper sanggup menghasilkan 32.000 warna berbeda di satu panel, dengan resolusi 1600×2500-pixel dan kepadatan 150PPI, serta diklaim mempunyai jangkauan reproduksi warna ‘full color gamut‘. Di bagian dalam, produsen memanfaatkan lapisan cairan electrophoretic yang dikombinasikan bersama TFT, dikendalikan dengan aliran listrik. E Ink Corp. menyediakan dua opsi ukuran buat kliennya, yakni 13,3- dan 32-inci.

Dan seperti model monokromatisnya, ACeP sangat irit dalam konsumsi daya. Sifatnya sama seperti kertas, jadi secerah apapun kondisi cahaya di sekitarnya, konten yang ditampilkan Advanced Color ePaper tetap dapat terlihat jelas.

“Sejak debut ACeP beberpaa tahun silam, kami telah mendapatkan banyak kemajuan, misalnya dalam hal meningkatkan color gamut serta mempersingkat durasi update gambar,” tutur Johnson Lee selaku presiden E Ink Corp di blog. “Versi terkini dari ACeP merupakan ePaper warna paling canggih yang tersedia sekarang.”

Perlu diingat bahwa saat ini E Ink Corp. masih memfokuskan implementasi ACeP untuk reklame digital. Penerapannya buat eReader tidak dilakukan dalam waktu dekat, tapi sang presiden menjamin timnya tidak mengabaikan peluang tersebut.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…