29 January 2014

by Yoga Wisesa

Teknologi Google Glass Bisa Digunakan Bersama Dengan Kacamata 'Gaul'

Dua dari banyak kekhawatiran konsumen perangkat wearable berteknologi augmented reality: Apakah device itu akan membuat penampilan kita terlihat menggelikan? Kemudian bagaimana nasib mereka yang harus mengenakan kacamata resep dokter seumur hidup?

Tidak usah khawatir, Google telah mengumumkan bahwa teknologi Glass mereka mendukung kaca mata resep tanpa membuat penggunanya tampak kurang fashionable.

Selain menyediakan device AR, Google juga telah menyiapkan frame kacamata resep dengan tiga desain berbeda: Bold, Curve, Thin dan Split, masing-masing dibanderol seharga US$ 225. Memang cukup mahal untuk varian frame, tetapi baru tipe-tipe inilah yang benar-benar mendukung teknologi augmented reality perangkat itu. Untuk tipe klasik dan kacamata hitam, Anda bisa mendapatkannya dengan harga lebih murah, yaitu US$ 150.

 

Info menarik: Ilmuwan Kembangkan Wearable Device Untuk Lebah

 

Untuk menghadikan kacamata resep yang terintegrasi dengan teknologi Glass ini, Google menjalin kerjasama dengan Vision Service Plan dalam mengumpulkan serta melatih para dokter mata agar pemasangan lensa dan frame bisa optimal dan sempurna. Hal ini kian menegaskan bahwa rumor tentang Google yang ingin segara merilis Glass bagi konsumen umum di 2014 bisa jadi benar.

Sang lead designer Google Glass, Isabelle Olsson, memamerkan frame-frame baru ini pada acara Google Glass Basecamp minggu lalu. Menariknya, mereka dengan percaya diri memamerkan model Bold, tetapi tipe Thin hampir sama sekali tidak terlihat.

Menurut Olsson, merancang desain-desain frame tersebut tidak mudah karena keempatnya harus merepresentasikan tren fashion saat ini. "Kami ingin semua orang bisa pas saat mengenakannya," jelas sang lead designer lebih lanjut.

Tentu saja harga yang Anda lihat di bagian atas artikel belum termasuk harga 'visor' Google Glass sendiri. Sejauh ini, versi 'development'-nya dibanderol dengan harga yang cukup mahal, US$ 1.500. Banyak orang berharap bahwa versi konsumennya disajikan dengan harga yang jauh lebih rendah - akan sangat baik jika mereka bisa menekannya di bawah US$ 1.000.

 

Info menarik: Ini Tampilan Google Glass Versi Terbaru

 

Yang membuat Google semakin yakin akan Glass adalah masa 'beta-testing' yang cukup lama melalui program Explorer, ia dimulai sejak bulan Juli 2012. Device Glass disajikan lima pilihan warna berbeda: Charcoal, Shale, Cotton, Tangerine dan Sky, sayangnya kita belum tahu apakah itu berarti frame-frame tersebut juga memiliki pilihan warna yang sama.

Hal lain yang dijanjikan Google adalah pilihan desain frame. Jika saat ini hanya terdapat kurang lebih enam model, Google mencoba untuk menghadirkan 40 tipe berbeda. Olsson menanggapi, "Konsumen harus bisa memilih. Karena produk-produk ini adalah produk gaya hidup." Hardware Glass sendiri tidak mengalami banyak perubahan, dengan opsi earbud tambahan dan visor yang bisa dilepas.

Menurut Anda, berapa harga jual umum yang pas untuk satu set Google Glass?

Via DailyMail.co.uk. Sumber gambar: Google.