Categories

Gadget

Teknologi Layar Terbaru LG Bisa Membuat Laptop Kian Tipis dan Ringan

Glenn Kaonang - 7 July 2015

Dalam beberapa tahun terakhir, kita sudah menjadi saksi bagaimana produsen laptop berlomba-lomba meluncurkan produk yang super tipis. Setiap milimeter dan setiap gram benar-benar diperhatikan secara teliti demi menyajikan sebuah laptop yang begitu ringkas dan tidak kalah portable dibanding tablet.

Selain komponen seperti baterai dan mainboard, layar rupanya juga cukup berpengaruh terhadap aspek portabilitas suatu laptop. Ke depannya, kita akan menjumpai laptop yang lebih tipis dan lebih ringan lagi berkat inovasi layar besutan LG Display berikut.

Advanced In-Cell Touch (AIT) namanya, dan tahap produksi massalnya rupanya akan segera dimulai pada pertengahan tahun ini. Sederhananya, teknologi ini memungkinkan tim LG Display untuk menambatkan sensor sentuh kapasitif langsung di atas panel LCD, tanpa harus menambahkan lapisan lain.

Seperti yang kita ketahui, layar laptop biasanya terdiri dari beberapa lapisan selain kaca terluarnya, yakni panel sentuh dan panel LCD. Nah, berkat teknologi baru ini, formasi layar laptop nantinya akan berubah menjadi lapisan kaca dan panel LCD saja; panel sentuh tidak lagi dibutuhkan karena sensor kapasitifnya sudah tertanam di dalam panel LCD.

Info menarik: Monitor 4K LG 27MU67 Diciptakan Khusus untuk Para Gamer

Teknologi ini sejatinya tidak benar-benar baru, LG sudah mengaplikasikannya terlebih dulu pada smartphoneLG G4. Akan tetapi ini pertama kalinya teknologi serupa diterapkan pada perangkat dengan layar berukuran besar.

Lalu seberapa signifikan peran teknologi Advanced In-Cell Touch ini dalam membantu meningkatkan portabilitas laptop? Berdasarkan klaim LG, ketebalan panel layar secara keseluruhan bisa berkurang 1 milimeter, sedangkan bobotnya bisa dipangkas 200 gram. Manfaat lain adalah gambar akan tampak lebih terang dan jernih, sekaligus respon sentuh yang lebih baik.

LG Display saat ini sudah menandatangani kerja sama dengan berbagai vendor untuk menyuplai panel AIT berukuran 15,6 inci dan 14 inci. Kemungkinan besar laptop-laptop yang dimaksud akan segera muncul dalam beberapa bulan ke depan, bersamaan dengan meluncurnya Windows 10 secara resmi.

Sumber: LG Display via Digital Trends.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter