21 August 2013

by Bambang Winarso

Teknologi Panel Layar Fleksibel Siap Diproduksi, Samsung dan LG Mulai di Bulan November

Tak lama lagi kita bisa menikmati teknologi layar fleksibel di berbagai perangkat, dikutip dari Ubergizmo Samsung dan LG siap memproduksi panel layar berteknologi paling mutakhir itu di bulan November nanti.

Samsung dan LG memang menjadi dua perusahaan teknologi yang paling agresif mengembangkan teknologi layar fleksibel. Samsung bahkan sudah memamerkan layar fleksibel OLED Youm di ajang CES 2013 beberapa bulan yang lalu. Sementara LG sudah mengumumkan rencana kehadiran smartphone dengan layar fleksibel di kuartal ke empat tahun ini, TRL pernah mengangkat pengumuman tersebut di tautan ini.

Melihat sepak terjang keduanya dalam mengembangkan teknologi layar fleksibel tak heran jika kedua perusahaan teknologi besar itu siap untuk memproduksi panel fleksibel secara massal November ini.

Samsung dan LG diperkirakan siap memproduksi layar fleksibel sebanyak 1,5 juta unit yang terdiri dari layar 5 dan 6 inci, jika permintaan pasar menunjukkan prospek yang baik bukan tidak mungkin jumlah tersebut akan ditingkatkan di produksi selanjutnya. Jumlah tersebut memang tergolong rendah jika dibandingkan dengan jumlah produksi smartphone kedua perusahaan, dikatakan ada kemungkinan Samsung dan LG masih dalam tahap penjajakan awal.

Namun begitu, Samsung menghadapi masalah produksi yang sempat terkuak pada laporan bulan Oktober tahun lalu yang berimbas kepada mundurnya deadline produksi massal. Pada akhirnya kemudian diprediksikan Samsung siap memproduksi massal layar fleksibel di tahun 2013. Jadi tak heran jika Samsung menyatakan siap di tahun ini untuk mulai memproduksi massal layar fleksibel.

Selain Samsung dan LG, beberapa perusahaan teknologi seperti Sony, Sharp, Philips dan Nokia juga sedang mengembangkan teknologi serupa di perangkat mereka.

Lalu smartphone apa ya yang nanti berlayar fleksibel, mungkinkah hadir tahun depan? Kita tunggu saja pengumumannya.

Gambar header ProductReview dan gambar lainย Cio.com.