Categories

Feature

Teknologi-Teknologi yang Bisa Dimanfaatkan Industri Travel

Digunakan untuk menambah pengalaman pengguna dan cara lain dalam promosi

Prayogo Ryza - 15 August 2016

Sama seperti industri lainnya industri travel juga mengalami banyak perubahan berkat adanya teknologi. Bahkan berdasarkan riset Google dan Temasek baru-baru ini melaporkan bahwa industri travel di Asia Tenggara masih akan terus berkembang, terutama untuk pasar Indonesia. Peluang tersebut harusnya bisa lebih dimanfaatkan jika mengoptimalkan teknologi yang berkembang saat ini. Berikut beberapa teknologi yang bisa dioptimalkan untuk mendongkrak pertumbuhan industri travel.

Robot yang dikombinasikan dengan kecerdasan buatan

Robot dan kecerdasan buatan atau dikenal dengan istilah AI (artificial intelligence) merupakan sebuah teknologi yang selama ini banyak di imajinasikan melalui fiksi komik maupun film. Melihat perkembangan teknologi sekarang bukan tidak mungkin robot dan AI mulai diimplementasikan di sektor-sektor bisnis. Untuk industri travel, robot dan AI bisa menjadi kombinasi sempurna untuk memberikan pelayanan kepada pengunjung dalam beberapa hal, seperti, room service, panduan pengguna, atau sebagai asisten penerjemah untuk bahasa-bahasa lokal atau slang. Pelayanan ini juga termasuk dalam generasi selanjutnya untuk customer service.

Self service dengan biometrik

Penerapan teknologi biometrik ini bisa menjadi salah satu kunci dari peningkatan keamanan pengguna. Dengan keamanan yang lebih baik memungkinkan pengusaha travel menyiapkan pelayanan self-service.

Big data dan personalisasi layanan

Seperti juga berlaku di sektor-sektor lain big data dan analisis data membawa ke masa depan personalisasi layanan yang lebih baik. Untuk industri travel personalisasi yang bisa ditawarkan mencakup layanan dan kegemaran masing-masing pengguna. Seperti paket hotel dan tempat wisata, diskon, dan lainnya. Dengan personalisasi ini diharapkan pengguna bisa lebih nyaman dan semakin mudah untuk menemukan paket perjalanan dan wisata yang disesuaikan, mulai dari budget, tema, dan lain-lain.

Drone dan virtual reality

Jika teknologi yang sudah disebutkan mengarah pada kualitas pelayanan pengguna untuk teknologi Rome dan VR ini lebih bermanfaat untuk konten promosi. Drone dan VR menawarkan sesuatu yang berbeda untuk pemasaran. Dengan keunggulan masing-masing drone dan VR mampu membuat sebuah tempat wisata maupun hotel bisa dirasakan secara lebih nyata meski dalam bentuk digital.

- Disclosure: DailySocial bekerja sama dengan Bigdata-madesimple.com untuk seri penulisan artikel tentang big data.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter