Teko Pintar Ini Bisa Dikontrol via Smartphone Secara Real-Time

Di era Internet of Things (IoT) ini, siapa yang menyangka bahwa smartphone kita telah beralih fungsi menjadi remote control untuk berbagai perabot rumah. Mulai dari jam dinding, sakelar lampu sampai kunci pintu kini bisa kita kontrol viasmartphone.

Demikian pula teko elektrik. Perangkat yang cukup universal ini sudah cukup lama menemani kita, membantu menghidangkan kopi di pagi hari maupun memasak air untuk susu bayi di tengah malam.

Sebuah proyek crowdfunding bernama Appkettle ingin mengubah cara kita menggunakan teko elektrik. Selain bisa dioperasikan lewat smartphone, Appkettle juga menawarkan fitur otomatisasi yang cukup efektif.

Info menarik: Menyulap Wadah Cairan Apapun Menjadi Teko Elektrik dengan Miito

Fisik Appkettle tidak jauh berbeda dari teko elektrik pada umumnya. Ia terdiri dari dua bagian terpisah, yakni base dan pitcherstainless steel berkapasitas 1,7 liter. Appkettle memakai Wi-Fi sebagai medium komunikasinya dengan smartphone.

Ketimbang merebus air hingga mendidih, Appkettle bisa Anda setel untuk memanaskan air hingga suhu tertentu yang diinginkan. Melalui aplikasi Android dan iOS-nya, pengguna dapat memonitor dan mengontrol suhu Appkettle secara real-time. Mayoritas teko elektrik memang sudah banyak dibekali kontrol suhu, namun tidak secara real-time seperti ini.

Tidak cuma suhu, volume juga menjadi aspek penting bagi Appkettle. Lewat aplikasinya, Anda bisa mengetahui kuantitas air yang ada di dalam pitcher pada saat itu juga. Sayang Appkettle belum bisa mengisi dirinya sendiri dengan air. Tugas ini masih dipercayakan kepada Anda selaku sang pemilik.

Suhu dan volume sudah, rupanya Appkettle masih sanggup memonitor satu faktor lagi: energi listrik yang digunakan. Hal ini ditujukan agar penggunanya bisa menghemat biaya, air dan listrik setiap bulannya.

Info menarik: Blendtec Connect Food Prep System Ingin Mengotomatisasi Dapur Anda

Terkait otomatisasi, Appkettle bisa Anda jadwalkan untuk segera memanaskan air pada jam yang telah Anda tentukan – bisa juga di hari lain. Saat air panas sudah siap digunakan, notifikasi akan dikirimkan ke smartphone Anda. Jika Anda belum siap meniriskan air tersebut, Appkettle akan terus menghangatkannya agar suhu yang telah ditargetkan tidak berubah.

Appkettle juga memungkinkan Anda untuk menyimpan berbagai profil pengaturan sekaligus. Fitur ini berguna bagi Anda yang tinggal serumah dengan anggota keluarga lain, dimana jadwal masing-masing pastilah berbeda, dan Appkettle bisa mengakomodasi perbedaan jadwal tersebut dengan mudah.

Kampanye pengembangan Appkettle saat ini masih berlangsung di Kickstarter. Anda yang tertarik bisa memilih pledge terendahnya senilai £79 (± Rp 1,55 juta). Harga ritelnya akan naik menjadi £120 (± Rp 2,3 juta) saat masa kampanyenya berakhir sekitar satu bulan ke depan.

Sumber: Kickstarter via Mail Online.