Telegram Gulirkan Sejumlah Fitur Baru, Seperti Media yang Bisa Diganti, Penambahan Caption, dan Banyak Lagi

Telegram Gulirkan Sejumlah Fitur Baru, Seperti Media yang Bisa Diganti, Penambahan Caption, dan Banyak Lagi

Fitur baru Telegram tersedia untuk kedua platform mobile terbesar, tapi beberapa hanya tersedia di platform Android
Telegram Gulirkan Sejumlah Fitur Baru
Telegram Gulirkan Sejumlah Fitur Baru

Telegram kembali meluncurkan pembaruan untuk aplikasi berbasis iOS dan Android yang menghadirkan sejumlah fitur pendatang baru seperti kemampuan untuk mengganti media dalam pesan, menambahkan keterangan ke dalam foto yang dikirim sebelumnya, menandai pesan sebagai telah dibaca atau belum dibaca dan banyak lagi lainnya. Berikut ulasan selengkapnya.

Media yang Dapat Diganti dan Penambahan Caption

screenshot-telegram.org-2018-06-29-10-11-41

Anda yang sudah sejak lama menggunakan Telegram tentu tahu bahwa aplikasi yang dikenal karena keamanannya ini punya fitur untuk menghapus pesan yang sudah terkirim. Ini tidak hanya berlaku untuk pesan teks, tetapi semua pesan yang disertai dengan foto, video, dan lain sebagainya. Hebatnya, kini dengan pembaruan ini, Telegram menawarkan opsi yang makin memanjakan di mana Anda dapat mengganti foto atau video apabila merasa telah mengirim foto atau video yang salah. Tidak cuma itu, pengguna kini juga bisa menambahkan keterangan ke foto dan video yang sebelumnya kosong.

Memutar Pesan Suara 2 Kali Lebih Cepat

Telegram menghadirkan opsi baru untuk membaca pesan suara berdurasi panjang dengan kecepatan ekstra, sehingga Anda dapat menyelesaikan seluruh pesan tanpa harus menunggu terlalu lama. Untuk melakukannya, cukup tap tombol 2X saat pesan suara diputar.

Bagikan detail kontak yang Lebih Lengkap

Berbagi kontak, biasanya hanya menyertakan nama dan nomor ponsel. Tapi sekarang tidak demikian. Telegram memungkinkan Anda berbagi lebih banyak detail tentang seseorang sekaligus. Yang harus dilakukan adalah memilih bidang dengan data yang ingin dibagikan sebelum menekan tombol ‘Kirim’

Pratinjau Obrolan

Untuk pengguna Android, Telegram menghadirkan beberapa fitur penting tambahan, salah satunya pratinjau obrolan. Fitur pratinjau obrolan dapat dengan cepat menampilkan obrolan pengguna dengan seseorang tanpa harus membuka seluruh jendela.

Tandai Pesan Sudah Dibaca atau Belum Dibaca

screenshot-telegram.org-2018-06-29-10-10-13

Jumlah pesan yang besar tentu menyulitkan Anda untuk membedakan mana pesan yang sudah dibaca dan mana pesan penting yang belum dibaca. Kini, Telegram memungkinkan Anda menandai obrolan penting sebagai ‘Belum dibaca’ dan yang tidak penting, atau kurang penting, sebagai ‘Baca’.

Fitur lainnya

Selain pembaruan terbaru yang sudah disebutkan di atas, Telegram versi anyar juga memungkinkan pengguna untuk membatalkan pengiriman sebelum pesan terkirim dan juga hiperlink. Fitur-fitur tersebut diluncurkan untuk aplikasi Android versi 4.8.10, dan, untuk iOS dengan pembaruan 4.8.3. Namun, fitur tertentu seperti pratinjau obrolan, teks hyperlink, dan kemampuan untuk membatalkan pengiriman sebelum pesan terkirim hanya tersedia untuk pengguna Android.

Sumber berita Telegram.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Mobile
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…