19 May 2017

by Bambang Winarso

Telegram Versi 4.0 Boyong Fitur Pesan Video dan Instant View

Instant View mempunyai konsep serupa dengan Facebook Instant Article, dirancang untuk yang gemar membaca artikel

Dalam beberapa bulan terakhir, pengembang di balik Telegram getol menggulirkan fitur-fitur baru untuk membuat aplikasinya kian cemerlang. Bermain di ranah yang dihuni banyak pemain besar, Telegram merasa perlu berinovasi demi menjaga eksistensi. Yang terbaru, Telegram menghadirkan versi 4.0 yang memboyong sejumlah pembaruan mulai dari perbaikan bugs hingga fitur-fitur anyar.

Sorotan tertuju pada fitur pesan video yang memberikan cara baru bagi pengguna Telegram untuk mengirimkan pesan. Kini, dimulai dari Telegram 4.0, pengguna dapat mengirim pesan berbentuk video ke teman yang bisa dilakukan dalam dua cara. Pertama, dengan menyentuh ikon mikrofon untuk berpindah ke modus kamera, atau menggeser layar ke atas saat sedang dalam mode hands-free.

Berikutnya,Telegram memperkenalkan layanan baru yang disebut Telesco.pe, tool yang memungkinkan siapapun untuk melihat pesan video dari kanal publik yang ada di Telegram. Lanjut ke fitur bot pembayaran yang akan membantu pengguna memesan makanan, belanja barang, atau bahkan membayar tagihan. Fitur ini akan lebih memanjakan pengguna iOS, pasalnya robot baru mendukung pembayaran menggunakan Apple Pay.

Terakhir, Telegram memperkenalkan platform baru bernama Instant View. Fitur ini ditujukan bagi pengguna Telegram yang gemar membaca, memungkinkan mereka membaca artikel langsung dari aplikasi atau membuat pratinjau artikel menggunakan Instant View Editor. Teknisnya fitur ini hampir sama dengan yang disuguhkan oleh Instant Article milik Facebook atau Accelerated Mobile Pages tool dari Google.

Semua pembaruan ini sudah dapat dijumpai di platform Android dan jugaiOS.

Sumber berita Telegram 1, 2 dan 3.