Categories

Berita

Telkom dan Telstra Akan Kucurkan Investasi di Startup Melalui MDI

Investasi akan difokuskan bagi startup teknologi bertumbuh di Asia Tenggara

Randi Eka - 5 August 2016

Investasi di startup oleh korporasi kian gencar, tak hanya di perusahaan asing saja, namun pemain lokal pun banyak yang mulai menjajaki sektor tersebut. Grup Telkom salah satunya, bersama dengan Telstra Ventures melalui PT Metra Digital Investama (MDI), pihaknya hendak memulai memberikan porsi pada startup di Asia Tenggara.

Kamis (04/8) lalu nota kesepahaman resmi dibukukan, ditanda tangani oleh Presiden Direktur PT Metra Digital Investama Nicko Widjaja dan Group Executive International & New Businesses Telstra Cynthia Whelan, serta disaksikan Direktur Innovation & Strategic Portofolio Telkom Indra Utoyo di Jakarta.

Telstra Ventures sendiri sebelumnya mengaku telah mengucurkan pendanaan hingga USD 200 juta kepada lebih dari 30 startup. Rata-rata startup yang masuk jajaran portofolionya adalah e-commerce, e-helath, internet of things dan fintech. Cynthia Whelan mengatakan bahwa kegiatan investasi ini memberikan kepada perusahaan akses kepada sumber pendapatan baru dan teknologi terkini yang bermanfaat baginya selaku penyedia jasa telekomunikasi.

Dalam kerja sama ini, kedua perusahaan (Telkom dan Telstra) berkomitmen untuk membangun sebuah komite penanaman modal bersama. Startup yang akan menjadi sasarannya adalah perusahaan dengan pertumbuhan traksi yang tinggi, memberikan layanan (informasi) yang relefan bagi banyak orang, berdasarkan gagasan bisnis yang dimiliki dan juga cakupan teknologi yang dikembangkan.

Bagi Telkom, seperti disampaikan oleh Direktur Innovation & Strategic Portofolio Telkom Indra Utoyo peranan kerja sama investasi ini akan menjadi akses bagi Telkom untuk menggali pengalaman dan hubungan dengan startup global di Silicon Valley, Tiongkok dan negara bisnis lainnya. Telstra sendiri sebelumnya memang menjadi mitra Telkom (sejak 2014 tepatnya), dalam MoU joint venture penyediaan Network Application and Services (NAS). Kolaborasi tersebut turut menjadi jembatan Telstra untuk masuk ke pasar Asia Tenggara memanfaatkan basis kekuatan Telkom.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter