Setelah setahun lebih layanan video on demand Netflix diblokir dari jaringan Telkom, akhirnya kini pengguna IndiHome dan varian jaringan dari Telkom lainnya segera bisa menikmati salah satu layanan streaming terpopuler tersebut.

Pelepasan pemblokiran yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini ditengarai dari rencana kerja sama strategis yang akan dilancarkan oleh Telkom dan Netflix. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Consumer Service Telkom Dian Rachmawan, bahwa pihaknya menilai telah mencapai titik temu yang diharapkan untuk kerja sama yang saling menguntungkan.

“Kerja sama ini menjadi angin segar bagi seluruh pelanggan IndiHome yang bisa menikmati semakin banyak hiburan berkualitas dari berbagai penyedia layanan OTT Video Streaming. Setelah CATCHPLAY, iflix dan HOOQ, sekarang bertambah lagi dengan Netflix. Dalam tahap awal, Netflix bisa dinikmati melalui layanan IndiHome dengan penawaran menarik. Selanjutnya kerja sama kedua layanan tersebut bisa” ditingkatkan untuk memberikan movie-watching experience yang semakin lengkap dan berkualitas, ujar Dian seperti dikutip laman Indotelko.

Sebelumnya pemblokiran Netflix oleh Telkom dilakukan karena indikasi konten negatif dan pornografi yang ada di dalamnya. Tepatnya per tanggal 27 Januari 2016 pukul 00.00 WIB semua sambungan internet dari Telkom tidak bisa lagi mengakses Netflix.

Kendati demikian, dalam sebuah kesempatan CEO Netflix Reed Hastings tidak ambil pusing kala itu. Di sela-sela acara konferensi Asia Pacific Pay-TV Operators (APOS) 2016 di Bali, Hastings mengisyaratkan tidak peduli terhadap isu blokir ini dan menyebutkan Telkom Group adalah satu-satunya ISP yang memblok layanannya di Asia.

“Salah satu yang paling utama adalah bahwa Netflix akan memenuhi ketentuan yang berlaku di Indonesia, termasuk terkait sensor dan ketentuan lainnya guna menghadirkan layanan Netflix melalui network Telkom,” imbuh Dian.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.