1. Startup

Telkom Pacu Pengembangan Kawasan Industri Berbasis Digital

Pengembangan kawasan industri berbasis digital ini akan memberikan berbagai solusi layanan digital terintegrasi, mulai dari konektivitas hingga e-Office

Telkom kembali memacu bisnis di kawasan industri melalui program Broadband Industrial Estate, pengembangan kawasan industri berbasis digital. Langkah ini diawali dengan penandatanganaan kerja sama antara Telkom dan IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park). Dengan kerja sama tersebut, Telkom akan menyediakan layanan ICT (Information Communication Technology) yang terintegrasi untuk kawasan industri, mulai dari konektivitas hingga layanan e-Office.

Penandatanganan perjanjian kerja sama penyediaan layanan telekomunikasi antara Telkom dan IMIP, yang berlokasi di Bahodopi, Morowali, Sulawesi Tengah, dilakukan oleh Executive Vice President Telkom Regional VII Kawasan Timur Indonesia Muhammad Firdaus dan Direktur Utama IMIP Alexander Barus.

Selain itu, disaksikan juga oleh Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin dan Dirjen Pengembangan Perwilayahan Industri (PPI) Kementerian Indonesia Imam Haryono di Jakarta, pada hari Jumat kemarin (18/12).

Sebelumnya, Telkom sendiri sudah pernah menjalin kerja sama untuk ketersediaan layanan ICT bagi kawasan industri dengan Himpunan Kawasan Industri Indonesia (HKI), Kawasan Berikat Nusantara (KBN) dan Kawasan Industri Makasara (KIMA).

"Dengan adanya pengembangan Broadband Industrial Estate ini diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah sektor industri wilayah di luar Pulau Jawa menjadi 40 persen pada tahun 2035 sehingga dapat berkontribusi terhadap pemerataan pembangunan sektor industri dan perekonomian nasional di seluruh wilayah Indonesia," ujar Imam dilansir dari Tempo.

Sementara itu Awaluddin menjelaskan bahwa kerja sama ini merupakan bentuk komitmen Telkom dalam mendukung program pemerintah untuk memajukan sektor industri Indonesia. Dipaparkan juga bahwa kerja sama ini sejalan dengan program Telkom yang sedang menggelar infrastruktur broadband di seluruh Indonesia melalui program Indonesia Digital Network.

Dalam kerja sama pengembangan kawasan industri berbasis digital ini, Telkom akan memberikan solusi layanan digital yang terintegrasi. Beberapa di antaranya adalah konektivitas, mulai dari voice telepon/SIP Trunk, komunikasi data Metro/MPLS/IPLC, internet Astinet/IP Transit/High Speed Internet, wifi.id/wifi-corner, hingga IPTV UseeTV.

Layananan lainnya seperti contact center, SMS Blast, Data Center, Dara Recovery Center, Big Data, Digital Advertising, Digital Marketing, IndiSmart, Siap Online, Application, Platform, SAP, ERP, dan  layanan e-Office juga akan diberikan dalam pengembangan kawasan industri berbasis digital ini. Selain itu, tak menutup kemungkinan untuk dikembangkan ke solusi lain sesuai perkembangan dan kebutuhan di kawasan industri terpadu IMIP yang berada di Sulawesi Tengah.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again