Categories

Mobile

Telkom Rilis Aplikasi Mobile Zapa Guna Dorong Perluasan Pasar Bagi UKM

DailySocial - 5 November 2014

PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) mendorong para pelaku bisnis UKM dengan memfasilitasi mereka sebuah aplikasi mobile yang dipercaya dapat meningkatkan potensi bisnis yang tengah berjalan. Menyempurnakan program Indonesia Digital Entrepreneur (IndiPreneur) yang telah berjalan sejak tahun lalu, Telkom rupanya ingin terus mendongkrak pemanfaatan teknologi oleh satu juta pelaku UKM pada 2015 nanti dengan aplikasi Android bernama Zapa.

Dalam siaran resminya, dengan mengacu pada data internal bahwa sebesar 65,7%, pelaku UKM yang dikelola Telkom menggunakan perangkat smartphonedalam mengakses media sosial maupun bertransaksi. Berdasarkan data tersebut pihak Telkom mengembangkan aplikasi yang dapat digunakan oleh pelaku UKM melalui perangkat mobile mereka melengkapi implementasi IndiPreneur.

“Secara prinsip, Telkom siap mendukung dan mewujudkan visi pemerintahan Jokowi-JK dalam hal pengembangan UKM Indonesia menjadi lebih hebat,” papar Muhammad Awaluddin Direktur Enterprise & Business Service Telkom mengutip siaran pers di halaman situs resmi Telkom.

Aplikasi Zapa sendiri menjadi bukti inovasi terbaru dari Telkom dengan konsep yang diberi label SO-LO-MO. “SO” merepresentasikan social-media, di mana kekuatan media sosial sebagai sarana promosi dan komunikasi pelaku UKM menjadi salah satu hal yang esensial. Pengguna diwajibkan memiliki satu akun media sosial untuk mendaftar menjadi pengguna Zapa CRM Mobile Apps.

Faktor selanjutnya merupakan “LO” yang berarti local. Awaluddin mengungkapkan bahwa pelaku UKM memang dikenal sangat kental dengan pasar dan konten lokal. Kabarnya, Zapa dirancang sedemikian rupa untuk dapat menyajikan layanan terkini mengikuti kondisi pasar lokal. Yang terakhir, “MO” merupakan faktor mobile, pasalnya data yang disajikan Telkom menunjukkan 95% masyarakat melakukan akses pencarian barang melalui perangkatsmartphone, hanya 57% yang melakukan pembelian.

“Pelaku UKM diberi kemudahan untuk menghubungi Telkom terdekat dimana dia berada dengan menu Near Me. Lalu pelaku UKM dapat memperoleh informasi-informasi terkait event yang sedang dan akan berlangsung sehingga pelaku UKM dapat mendapatkan akses langsung ataupun terlibat pada event tersebut. Yang pasti, UKM akan menjadi komunitas sendiri dan dapat sharing antar sesama UKM. Ini yang akan menjadi salah satu point benefit dari layanan Mobile Apps ini,” papar Awaluddin.

Dalam pengembangannya, Telkom menggandeng PT. Infomedia Nusantara (member Telkom Group) untuk menghadirkan aplikasi Zapa. Namun saat ini hanya tersedia untuk platform Android, sementara pihaknya sedang merencanakan ketersediaan aplikasi Zapa pada platform lain.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Michael Erlangga.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id