Telkom siapkan 300 miliar Rupiah melalui MDI Ventures

Telkom Siapkan 300 Miliar Rupiah untuk Suntik Startup Melalui MDI Ventures

Setidaknya 10-15 startup ditargetkan untuk dapat menerima pendanaan dari MDI Ventures tahun ini
Telkom kucurkan dana $ 25 juta untuk pendanaan startup lewat MDI Ventures / Pixabay
Telkom kucurkan dana $ 25 juta untuk pendanaan startup lewat MDI Ventures / Pixabay

Modal ventura perpanjangan tangan Telkom, Metra Digital Inovasi  Ventures (MDI Ventures), tahun ini siap untuk memberikan suntikan dana, setidaknya kepada 10 hingga 15 startup. Telkom sendiri mengaku telah menggelontorkan dana sebesar Rp 300 miliar ($ 25 juta) kepada MDI Ventures.

Dikutip dari Indotelko, Direktur Innovation & Strategic Portofolio Telkom Indra Utoyo mengatakan, “Kami per tahun bidik ada 10 hingga 15 startup [untuk] dibiayai. [Dana sebesar] $25 juta itu sudah ada di tangan MDI, mereka yang akan pilih startup-nya.”

“Kami masih dalam proses due dilligence. Kami menargetkan sekitar 10-15 startups [untuk diinvestasi] yang beroperasi di berbagai sektor seperti commerce, big data, dan edukasi dalam tahun ini,” tambah CEO MDI Ventures Nicko Widjaja seperti dilansir Dealstreetasia.

Nicko sendiri ingin segera mengambil 5-6 startup baru yang dibawah sayap perusahaan ventura yang digawangi olehnya. Besar kemungkinan 5-6 startup tersebut yang akan mendapat pendaan tersebut akan dilatih oleh para ahli di Sillicon Valley seperti yang disebut oleh Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo kepada BeritaSatu.

Seperti yang sudah diketahui, wilayah operasional MDI Ventures kini tak hanya di Asia Tenggara saja tetapi juga di wilayah Sillicon Valley, tepatnya di Sunnyvalle, California. Terbukanya pintu ke Sillicon Valley ini sendiri tak lepas dari kerja sama Telkom dengan akselerator asal Amerika Serikat Plug n Play (PNP) yang terjalin beberapa waktu silam.

Indra mengatakan, “Visi untuk masa depan secara global inilah yang membedakan MDI Ventures dengan pemani ventura lain di Indonesia dan memberikan gambaran besar bagi MDI Ventures untuk menentukan strateginya dalam berinvestasi di startup.”

Secara umum MDI sendiri akan berinvestasi di startup teknologi yang sudah masuk ke tahap growth dan bisnisnya dapat bersinergi dengan Grup Telkom. Sektor startup teknologi yang menjadi fokus adalah Digital Advertising, Payment Solution, Cloud Computing, Big Data, Media Services, Digital Life, Mobile Apps, E-Commerce, Form of Future Communication, dan Internet of Things.

Beberapa startup yang telah menjadi portofolio MDI Ventures di antaranya yaitu, Ematic Solution yang berasal dari Singapura dan YesBoss yang berasal dari Indonesia.

Dengan adanya MDI Ventures, yang baru berdiri sekitar satu tahun lalu, Telkom kini melengkapi ekosistem pendanaan miliknya. Melalui Indigo Incubator, yang juga bersama-sama dioprasikan oleh MDI Ventures, Telkom mencari startup di tahap awal (seed), MDI Ventures untuk mencari startup di tahap growth, dan TelkomMetra, yang baru-baru ini terlibat pendanaan untuk Blanja ditujukan untuk tahapan lanjut seperti merger dan akuisisi.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…