1. Startup

Kerja Sama dengan Sony, Telkom Garap Smart Card dengan Teknologi NFC

Mengadopsi teknologi FeliCa, segera diterapkan di layanan transportasi Trans Metro Bandung

Telkom tengah menyiapkan sebuah platform pembayaran smart card menggunakan NFC (Near Field Communication). Untuk menyiapkan itu semua Telkom menggandeng perusahaan Jepang Sony dengan teknologi FeliCa-nya. Penandatanganan kesepakatan keduanya dilangsungkan hari ini (15/10) di Bandung Jawa Barat.

Direktur Innovation & Strategic Portofolio Telkom Indra Utoyo yang mengesahkan kesepakatan ini mengungkapkan pemilihan Sony sebagai partner pengembangan smartcard di Indonesia diharapkan mampu mengembangkan layanan berbasis di NFC di Indonesia.

“Kerjasama ini tentunya akan memberi keuntungan terutama kepada masyarakat Indonesia yang tengah gencar meningkatkan penggunaan smart card baik untuk segmen konsumer maupun profesional,” imbuh Indra.

Di sisi lain, Senior General Manager FeliCa Business Division, Sony Corporation, Kazuyuki Sakamoto optimis kerja sama yang terjalin antara Sony dan Telkom akan memberikan kontribusi positif dalam pengembangan layanan teknologi berbasis NFC. Hal ini tak terlepas dari pengalaman Sony menyediakan solusi pembayaran di Jepang dan Hongkong.

Dalam nota kesepahaman yang telah disepakati keduanya teknologi FeliCa akan segera diterapkan dalam layanan transportasi Trans Metro Bandung. “Sesuai MoU yang kami tandatangani, layanan transportasi Trans Metro Bandung akan menggunakan teknologi NFC yang diciptakan Sony FeliCa sebagai alat pembayaran dalam rangka meningkatkan layanan kepada transportasi di Bandung,” jelas Indra.

Dalam pengembangan smart card ini, Telkom akan dapat memanfaatkan sejumlah kemampuan FeliCa di sisi back end, middle end, dan front end. Sebagai salah satu teknologi digital payment terdepan, FeliCa merupakan salah satu teknologi IC Chip nirkontak yang dikembangkan Sony Corporation Jepang yang mengelola siklus pengembangan aplikasi, penerbitan kartu, personalisasi, dan manajemen operasi transaksi.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again