1. Startup

Telkom Mencoba Bermain di Pasar CRM Perhotelan dengan Hadirkan USmart Hotel (Update)

Sektor pariwisata yang terus berkembang di Indonesia berimplikasi pada bertumbuhnya bisnis penginapan dan perhotelan, dari yang berskala kecil hingga yang besar. Pertumbuhan tersebut disikapi dengan sigap oleh Telkom dengan menghadirkan solusi Customer Relationship Management (CRM) perhotelan bernama USmart Hotel. USmart Hotel memiliki dua produk utama, yaitu platform web marketing dan aplikasi e-hotel dikemas dalam dua varian bentuk, SaaS (Software as a Service) dan Hybrid.

Berbicara seputar sepak terjang Telkom menjamah bisnis di sektor pariwisata, ini bukan pertama kalinya bagi Telkom berkecimpung untuk memberikan solusi digital di sektor tersebut. Sebelumnya Telkom telah meluncurkan Hi-Indonesia, sebuah situs reservasi online wisata lokal. Nampaknya Telkom masih kurang puas dengan solusi tersebut, karena hingga saat ini solusi tersebut masih dalam proses pengembangan, belum dikomersialisasikan secara utuh.

Tidak hanya berhenti menyediakan layanan reservasi yang ditargetkan untuk end-user, kini Telkom beralih haluan dengan menghadirkan seperangkat solusi untuk menunjang kebutuhan bisnis perhotelan. Ditargetkan untuk bisnis penginapan dan perhotelan di berbagai skala, berbagai produk USmart Hotel dapat digunakan per produk atau dengan paket bundling yang ditawarkan.

Web marketing merupakan sebuah terobosan digital yang cukup efektif bagi berbagai jenis bisnis. Bagi perhotelan, web marketing sangat dibutuhkan untuk memberikan kemudahan kepada wisatawan dalam menggali informasi tentang fasilitas dan layanan yang disajikan. Melalui USmart Hotel, ditawarkan berbagai jenis web marketing siap pakai pelanggan dibebankan biaya Rp 45.000 per bulan.

Solusi ini memungkinkan pengelola hotel cukup langsung memperbarui berbagai informasi yang terdapat di website, tidak perlu membuat dan mempersiapkannya dari nol. Model ini tergolong kurang cocok untuk bisnis perhotelan kelas menengah ke atas, pasalnya untuk kebutuhan kustomisasi cukup terbatas, terlebih template yang tersedia sangatlah terbatas (hanya terdapat 7 template desain situs), sementara untuk sebuah hotel terkadang nilai estetika dari sebuah layanan digital seperti situs sangat diperhitungkan.

Aplikasi yang mendukung kebutuhan operasional hotel lainnya disajikan dalam rangkaian aplikasi e-hotel. Paket SaaS memungkinkan pelanggan untuk dapat langsung menggunakan paket e-hotel tanpa harus berinvestasi membeli perangkat server. Paket-paket pada layanan SaaS dijajakan berdasarkan spesifikasi hotel (jumlah kamar dan jumlah pengguna). Dengan model ini pelayanan digital akan sangat tergantung dengan konektivitas internet. Dari setiap layanan SaaS yang disajikan, pelanggan juga diwajibkan menggunakan Speedy Paket Unlimited untuk konektivitasnya, karena sudah termasuk dalam satu kesatuan paket dengan layanan.

Aplikasi dengan model hybrid turut dihadirkan dengan biaya per transaksi agar pelanggan tetap bisa beroperasi walaupun tanpa konektivitas Internet, namun harus berinvestasi membeli server secara mandiri untuk mengelola aplikasi.

Digitalisasi layanan bagi sebuah bisnis penginapan atau perhotelan saat ini sudah dapat dikatakan sebagai salah satu kebutuhan primer. Solusi yang disajikan Telkom ini dapat menjadi pilihan terjangkau untuk bisnis penginapan atau perhotelan yang tidak memiliki budget investasi cukup besar untuk menunjang kebutuhan digitalisasi layanan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again