Categories

Berita

Telkomsel Berikan Inovasi Baru untuk TCash

Mengoptimalkan teknologi NFC untuk memudahkan pembayaran dan sistem manajemen kupon yang memudahkan merchant mengirimkan kupon langsung ke pengguna

Prayogo Ryza - 5 December 2015

Telkomsel TCash segera mendapat beberapa inovasi baru. Telkomsel bekerja sama dengan anak perusahaan Wirecard, PT Prima Vista Solusi, dan PT Finnet Indonesia (Finnet) untuk menyempurnakan teknologi NFC yang ada di TCash. Secara spesifik Wirecard akan memberikan kemampuan NFC point-of-sale yang terintegrasi dengan front-end sistem merchant yang akan semakin memudahkan pengguna dalam melakukan pembayaran.

Telkomsel sebagai salah satu operator paling populer di Indonesia tampaknya menatap serius segmen mobile payment ini. Seolah ingin meninggalkan para pesaingnya, Telkomsel kembali menyempurnakan dompet digital miliknya ini.

Perluasan offline merchant

Widhayati Darmawan, Direktur Utama PT Prima Vista Solusi, mengatakan, "Kemitraan dengan Telkomsel dan Finnet untuk memperluas penerimaan TCash di pengecer besar di Indonesia adalah sebuah karya komitmen Wirecard dalam memberikan teknologi yang relevan untuk memfasilitasi transaksi cashless Dengan sekitar populasi 250 juta dan segmen tak memiliki rekening bank yang cukup besar, Indonesia menyajikan potensi yang baik dalam hal pasar dialamatkan untuk uang elektronik dan solusi pembayaran mikro."

Sementara itu Finnet, perusahaan patungan antara Telkom dan Yayasan Kesejahteraan Karyawan Bank Indonesia, diwakili Direktur Bisnis dan Servis Syaiful Rahim Soenaria mengungkapkan kebanggaan mereka menjalin kerja sama dengan Wirecard Indonesia dalam rangka memperluas infrastruktur layanan mereka dan memberikan sesuatu yang inovatif bagi klien mereka di Indonesia.

“Ini adalah tujuan kami untuk menyediakan sektor publik dengan berbagai baik metode transaksi pembayaran elektronik untuk kenyamanan dan keamanan," ujarnya.

Manajemen kupon

Dalam sebuah keterangan pers yang lain, Finnet juga tengah menjalin kerja sama dengan Verifone Mobile Money dan Mozido untuk meluncurkan NFC mobile paymentdan loyalty service untuk mendukung aplikasi T-Wallet. T-Wallet adalah aplikasi mobile untuk mengakses akun TCash

Kerja sama ini selain memberikan kemudahan pengguna membayar di setiap merchant dengan menggunakan teknologi NFC dari perangkat masing-masing juga memberikan merchant yang bekerja sama dengan Telkomsel sebuah sistem mobile coupon management. Sistem ini memungkinkan merchant mengirimkan langsung branded coupon ke pengguna T-Wallet.

Beberapa merchant yang akan berpartisipasi antara lain berbagai seperti McDonald’s, Wendy’s, Coffee Bean and Tea Leaf, Baskin Robbins, 7 Eleven, Cinema XXI, GraPARI, Alfamart dan Indomaret.

"Kami berharap dapat bekerja sama dengan Telkomsel untuk membawa tingkat belum pernah terjadi sebelumnya kenyamanan dan keterlibatan konsumen melalui pembayaran dan pemasaran layanan mobile bagi konsumen dan pedagang," ujar Michael Liberty, Founder Mozido.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter