Categories

Berita

Telkomsel Resmi Perkenalkan Layanan Pembelian Kado Online eKado

Layanan mobile commerce hasil kerja sama dengan Access Mobile Korea Selatan

Adjie Priambada - 7 October 2015

Telkomsel kembali menambah portofolio bisnis digital mereka dengan memperkenalkan layanan pembelian kado online yang disebut eKado. Resmi deperkenalkan kemarin (6/10) di Jakarta, eKado merupakan situs layanan untuk pembelian hadiah online dalam bentuk voucher digital yang dapat dinikmati hanya oleh pelanggan Telkomsel. Kehadiran layanan ini juga tak lepas dari kerja sama Telkomsel dengan perusahaan telekomunikasi asal Korea Selatan Access Mobile.

Pada dasarnya, eKado adalah sebuah layanan mobile commerce dengan konsep digital mobile voucher yang coba menawarkan cara baru membeli hadiah berbentuk kupon digital. eKado memungkinkan pengguna mengirimkan hadiahnya ke teman, pasangan, atau rekan bisnis secara nirkabel melalui layanan pesan (MMS dan SMS) di ponsel dan kemudian bisa langsung menukarkannya ke merchant rekanan.

Kehadiran layanan eKado pun tak lepas dari pergeseran gaya hidup masyarakat yang menunjukkan peningkatan minat dalam berbelanja online. Namun yang harus digarisbawahi adalah, ketersediaan layanan saat ini baru dapat digunakan oleh pelanggan Telkomsel saja.

Vice President Digital Advertising Telkomsel Haryati Lawidjaja mengatakan, “Gaya hidup masyarakat di era digital ini telah banyak berubah. Salah satunya adalah dengan meningkatnya minat masyarakat Indonesia untuk berbelanja melalui media online.[…] Menangkap perkembangan ini, khusus bagi pelanggan Telkomsel kami hadirkan layanan eKado  yang akan memberikan kenyamanan dan keamanan dalam berbagi dengan orang terkasih dimana saja dan kapan saja.”

Lebih jauh Haryati juga mengungkapkan bahwa layanan eKado dari Telkomsel ini mencoba membidik secara spesifik generasi muda dari pelanggan yang dimiliki Telkomsel. Menurut Haryati, ada sekitar 35 juta pelanggan Telkomsel yang masuk dalam kategori youth dari total 149 juta pelanggan Telkomsel.

Hal yang menarik adalah, layanan eKado akan memanfaatkan teknologi Big Data Analytics yang dimiliki Telkomsel demi membidik target pasar lebih tepat sasaran. Sebagai informasi, Telkomsel sendiri telah menggarap portofolio bisnis korporasi dengan menghadirkan layanan big data ini sejak hampir setahun lalu. Cloudera juga telah ditunjuk Telkomsel untuk mengoptimalkan teknologi Big Data mereka.

Saat ini telah ada sekitar 70 brand (merchant) yang tergabung dalam layanan eKado dan kebanyakan dari mereka berasal dari sektor FoodandBeverage (F&B) .Untuk pembayaran, eKado sendiri baru mendukung kartu kredit (Visa dan MasterCard), Internet Banking (Mandiri dan BCA), transfer via ATM, dan melalui T-cash.

Ke depannya, Telkomsel berjanji akan ada perluasan kerja sama dengan penjual sehingga kategorinya akan lebih melebar menjadi lifestyle. Direncanakan juga dalam waktu dekat aplikasi eKado akan tersedia untuk perangkat Android dan iOS.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter