Categories

Berita

Telkomsel Hadirkan Layanan Big Data MSight (UPDATED)

Merupakan bagian layanan mobile advertising, menyasar klien korporasi yang membutuhkan data untuk iklan yang lebih tepat sasaran

Amir Karimuddin - 7 November 2014

Telkomsel menambah portofolio bisnis korporasi dengan menghadirkan layanan big data MSight yang memberikan informasi dan analisis terhadap konsumen secara kolektif. Layanan ini ditujukan bagi para pemasar yang menginginkan informasi lebih detil tentang perilaku konsumen, terutama dalam penggunaan produk seluler, sehingga dapat merancang strategi yang tepat bagi produknya.

Vice President Digital Advertising Telkomsel Haryati Lawidjaja dalam rilis persnya mengatakan, "Sebagai perusahaan dengan visi menjadi penyedia layanan dan solusi mobile digital lifestyle kelas dunia yang terpercaya, maka kami akan selalu menghadirkan berbagai inovasi digital services yang dapat memberikan nilai tambah bagi para pelanggan. Kali ini, kami menghadirkan layanan Big Data untuk pertama kalinya yang akan membantu para pelaku bisnis di Indonesia untuk meningkatkan performansi mereka. Layanan ini juga akan memperkaya ekosistem digital di tanah air dan diharapkan dapat membantu perkembangan Indonesia di berbagai sektor."

Meskipun mengambil data dari 139 juta konsumennya, Telkomsel berjanji akan tetap menghormati privasi pelanggan. Mereka mengklaim data yang diperoleh akan dikelola secara anonim, agregat, dan efisien yang diolah menjadi informasi dan insight, serta diperbarui secara berkala.

Contoh aplikasi bisnis yang bisa dilakukan berdasarkan informasi big data ini adalah monitoring perubahan jumlah trafik pengunjung pusat, segmentasi konsumen berdasarkan profil tertentu, serta mengetahui perilaku digital konsumen, pola pergerakan konsumen antar lokasi, dan perilaku konsumen terhadap produk dan servis.

Layanan ini merupakan bagian layanan mobile advertising yang terus menyeruak di tengah tren bisnis digital. Sebelumnya departemen ini juga telah meluncurkan aplikasi Mobile Coupon untuk kemudahan pengaksesan deals dari berbagai merchants.

Keputusan Telkomsel memasuki bisnis big data adalah hal yang alami bagi perusahaan telekomunikasi. Pelanggannya yang mencapai 139 juta sangat kaya untuk dianalisis lebih lanjut bagi kepentingan berbagai lini bisnis. Redwing dalam artikelnya setahun yang lalu menjelaskan panjang lebar tentang bagaimana monetisasi big data terhadap insight pelanggan seluler adalah tambang emas bagi operator karena mereka bisa melihat secara unik perilaku dan preferensi jutaan konsumen yang menggunakan jaringan datanya setiap hari.

“Layanan Big Data Telkomsel akan membantu pelanggan korporat untuk mengolah kumpulan data mentah dalam jumlah besar untuk menjadi suatu informasi yang spesifik seperti dalam hal segmentasi dan analisa lokasi, sehingga dapat membantu pengambilan keputusan yang strategis seperti dalam membuat strategi iklan yang lebih akurat, dengan jangkauan yang lebih terarah dan tepat sasaran”, ungkap Haryati.

[Ilustrasi: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter