Categories

Mobile

Telkomsel Kerja Sama dengan Kampus Unisba Sediakan Silabus Mobile

DailySocial - 2 October 2014

Telkomsel dan Universitas Islam Bandung (Unisba), hari Selasa (30/90) lalu, menandatangani nota kesepahaman untuk menyediakan layanan silabus mobile. Aplikasi ini disediakan untuk memudahkan penyebaran informasi terkait perkuliahan, dapat dimanfaatkan untuk kenyamanan komunikasi kampus, dan lebih memasyarakatkan kemudahan akses Internet. Silabus mobile untuk kampus ini rencananya akan diujicobakan tingkat keefektifannya selama tiga bulan di Unisba, sambil disosialisasikan ke kampus-kampus lainnya.

Kegiatan perkuliahan sangat lekat dengan silabus sebagai acuan rencana pembelajarannya. Isinya mencakup judul-judul perkuliahan, dan penjadwalan pembelajaran. Silabus juga berisi informasi pengajaran, seperti nama pengajar lengkap dengan kontaknya, jadwal kelas, tanggal tes, buku teks yang dibutuhkan, dan standar kompetensi untuk penilaian dan kehadiran.

Semua acuan tersebut akan disebar kepada mahasiswa melalui aplikasi mobile berbasis Android, sehingga semua informasi yang dibutuhkan tersedia setiap saat dalam genggaman tangan mereka. Hal ini diharapkan dapat memudahkan civitas akademika menjalankan proses perkuliahan.

General Manajer Sales Region Telkomsel, Jawa Barat, Hasan Kurdi, seperti dikutip situs Sindonews mengatakan bahwa aplikasi silabus mobile ini merupakan prototype yang akan diujicobakan selama tiga bulan sebelum akhirnya disebarluaskan ke kampus lainnya.

“Sudah ada beberapa kampus lain yang kami kunjungi untuk sosialisasi aplikasi ini. Sambil kami melihat sejauh mana efektivitas dan efisiensi aplikasi ini di Unisba, kami lakukan sosialisasi ke kampus yang lainnya,” katanya.

Lebih lanjut, Chief Executive Officer & General Manager PT Innovez One Indonesia Adhy Santoso menjelaskan aplikasi ini bisa diakses menggunakan smartphone Android. Baru Desember nanti tersedia dalam platform iOS.

“Semua civitas akademika kampus bisa saling mengetahui jadwal kuliah, lokasi kelas. Aktivitas perkuliahan bisa menjadi lebih efisien dan efektif,” begitu penjelasan Adhy.

Tak hanya sebagai media informasi, aplikasi silabus mobile dapat dimanfaatkan sebagai media interaktif antara dosen, staf administrasi, dan mahasiswa di lingkungan kampus.

Ketersediaan silabus mobile akan berbeda dengan silabus yang dibagikan dalam bentuk fisik, karena jadwal kuliah dan ruang kelas sewaktu-waktu dapat berubah. Dengan ketersediaan aplikasi interaktif untuk proses perkuliahan, informasi perubahan tersebut akan lebih mudah dikomunikasikan kepada mahasiswa.

Sementara itu, Rektor Unisba Thaufiq S. Boesoirie berharap kemudahan ini bisa dimanfaatkan untuk hal positif. Ia tetap menginginkan harus adanya sistem pengawasan jejaring Internet, agar aplikasi ini tidak dimanfaatkan di luar kegunaannya atau untuk hal-hal yang tidak semestinya.

“Harus ada sistem pengawasan jejaring internet yang benar-benar bisa memproteksi dari penggunaan hal-hal yang tidak semestinya. Bagaimana bisa mengawasinya, pasti ada sistem yang bisa dibuat,” tegasnya.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]


Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Hesti Pratiwi. 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter