Telkomsel dan Anak Usaha MCASH Hadirkan Solusi Kasir Digital “T-Kiosk”

Telkomsel dan Anak Usaha MCASH Hadirkan Solusi Kasir Digital “T-Kiosk”

Sampai akhir tahun ini ditargetkan dapat menjangkau hingga 30 ribu pengguna dari kalangan UKM
Penandatangan MoU antara Telkomsel dengan DIVA / DailySocial
Penandatangan MoU antara Telkomsel dengan DIVA / DailySocial

Telkomsel dan anak usaha MCASH, PT Distribusi Voucher Nusantara (DIVA), mengumumkan kerja sama untuk solusi kasir digital “T-Kiosk”, sebuah layanan aplikasi EDC berbasis Android. Kerja sama ini merupakan bagian dari solusi Telkomsel myBusiness kepada pelanggan di kalangan UKM.

“Kerja sama ini sejalan dengan misi kami untuk memperkuat penetrasi Device, Network, dan Application (DNA). Dalam mendorong penetrasi tersebut memerlukan langkah nyata dan strategi bersama yang melibatkan berbagai pihak termasuk pelanggan segmen SME,” ucap Direktur Penjualan Telkomsel Sukardi Silalahi, Senin (8/10).

Sukardi mengatakan Telkomsel menyiapkan 200 dedicated account manager nasional yang siap melayani pelanggan UKM. Hingga kini lebih dari 30 ribu account UKM di Indonesia yang telah bermitra dengan Telkomsel.

Aplikasi T-Kiosk

Berbeda dengan EDC pada umumnya yang hanya berfungsi sebagai terminal pembayaran, aplikasi T-Kiosk memiliki banyak fungsi, termasuk distribusi produk digital Telkomsel, pengisian pulsa, pembayaran tagihan, pasca bayar, top up saldo T-Cash dan kartu e-money, laporan penjualan, dan laporan keuangan lainnya.

Pengguna T-Kiosk bakal mendapat benefit lainnya, termasuk paket internet 2GB untuk koneksi Diva Smart Outlet ke server aplikasi dan penggunaan Diva Smart Outlet. Seluruh benefit tersebut diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi pengusaha karena mendapat sumber penghasilan tambahan dari pemanfaatan T-Kiosk.

EDC ini dapat memproses pembayaran melalui digital payment Telkomsel, yakni T-Cash. Selain itu, perangkat ini dilengkapi berbagai pembayaran non tunai baik kartu debit, kartu kredit, serta contactless card untuk kartu e-money.

Dalam pengoperasiannya, pengusaha UKM dapat mendaftar melalui Account Manager atau agen-agen yang telah ditunjuk sebagai penyedia layanan. Bisa juga melalui DIVA Intelligent Instant Messaging (instant messaging for business) dengan biaya berlangganan sebesar Rp100 ribu per bulannya.

Komisaris Utama DIVA dan Direktur Utama MCASH Martin Suharlie menuturkan, DIVA menargetkan untuk memodernisasi dan melengkapi UKM di Indonesia dengan teknologi dan berbagai produk inovatif baik digital maupun non digital yang dapat meningkatkan daya saing.

“Kami berkeyakinan untuk dapat mendorong pertumbuhan usaha mereka dalam rangka mendukung program pemerintah dalam mendigitalkan 8 juta SME di tahun 2020. Oleh karena itu, kami sangat gembira dengan kolaborasi bisnis dengan Telkomsel melalui aplikasi T-Kiosk,” terang Martin.

Pihaknya menargetkan setidaknya sampai tiga bulan ke depan sudah dapat mendistribusikan mesin EDC ke 25-30 ribu pengguna. Angka ini berdasarkan jumlah pelanggan Telkomsel di kelas UKM yang berjumlah sekitar 30 ribu pelanggan.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…