1. Startup

Telkomsel Memperkenalkan Program "T-Connext" untuk Memaksimalkan Pertumbuhan Ekosistem Digital

Inisiatif baru untuk memberikan "exposure" lebih besar bagi produk digital dan portofolio inovasinya ke venture capital, inovator, hingga korporasi

PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) memperkenalkan program T-Connext untuk menghubungkan ekosistem digital dengan para pemangku kepentingan (stakeholder) terkait. Program ini merupakan inisiatif perusahaan untuk memberikan exposure lebih besar bagi produk digital dan portofolio inovasinya ke venture capital (VC), inovator, hingga korporasi.

T-Connext terdiri dari serangkaian aktivitas yang menghubungkan partisipan VIP dari ekosistem Telkomsel dengan VC untuk memicu potensi kolaborasi atau pendanaan. Di sesi lanjutan juga diharapkan bisa mengekspos produk dan portofolio Telkomsel melalui kegiatan business matching, founder meet-up, dan workshop.

"Program T-Connext melengkapi ekosistem digital yang dimiliki Telkomsel sebagai digital-telco (digico) company. Kami harap program T-Connext dapat menjadi program berkelanjutan ke depannya," ungkap VP Business Development dan Innovation Telkomsel Jockie Heruseon dalam sesi media update, Rabu (21/9).

T-Connext melengkapi inisiatif pengembangan inovasi digital yang selama telah dibangun Telkomsel. Sebagai informasi, kendaraan inovasi Telkomsel terdiri dari Telkomsel Innovation Center (TINC), TheNextDev, Telkomsel Mitra Inovasi (TMI), Telkomsel Ekosistem Digital (INDICO) yang memiliki objektif berbeda-beda.

More Coverage:

Qlue Umumkan Tambahan Pendanaan Seri B1 dari ICMG

Adapun, TMI dan INDICO berdiri sebagai entitas terpisah di luar Telkomsel. TMI didirikan pada 2019, sedangkan INDICO sendiri baru diresmikan pada awal tahun ini. Jockie menyebut TINC menaungi sebanyak 36 portofolio TINC, TMI memiliki 17 portofolio, dan INDICO menaungi 3 portofolio startup.

Di samping itu, Jockie menjelaskan bahwa industri telekomunikasi memiliki peran sebagai penyedia infrastruktur jaringan dan menjadi enabler bagi keberlangsungan bisnis digital. Padahal, ada banyak aset yang dapat dimanfaatkan Telkomsel untuk mengakselerasi pertumbuhan digital di luar core business-nya sebagai penyedia jaringan telekomunikasi.

Ia juga menyoroti bagaimana program ini dapat membantu pelaku startup dan stakeholder terkait dalam memberikan market access; salah satu elemen penting yang banyak dicari. Akses terhadap pasar dapat membantu pelaku startup untuk menurunkan biaya akuisisi dan menekan tingkat burn-rate.

More Coverage:

Telkomsel Resmikan Anak Usaha Baru untuk Mewadahi Inisiatif Digital Perusahaan

"Dengan semua yang telah dibangun, kami masih merasa kurang untuk mengoptimalkan aset-aset yang dimiliki Telkomsel. Maka itu, T-Connext dapat memberikan exposure lebih terhadap produk dan portofolio inovasi kami ke ekosistem eksternal. Mereka butuh bridging ke para VC," tuturnya.

Ritel hingga enterprise

Kepada DailySocial.id, Jockie menambahkan bahwa acara post-event yang dilaksanakan nanti akan mengikutsertakan, tidak hanya portofolio startup, tetapi juga unit bisnis Telkomsel yang melayani segmen pelanggan ritel dan enterprise lintas sektor, seperti Maxstream dan DigiAds. Artinya, portofolio dan unit bisnis yang berpartisipasi sudah memiliki produk digital, bukan hanya sekadar ide saja.

Sejumlah startup dan portofolio Telkomsel yang mengikuti program T-Connext meliputi Feedloop, Klik Daily, Bizhare, Kecilin, Shinta VR, sekolah.mu, Kuncie, Telkomsel DigiAds, LinkAja, dan tSurvey.id.

Kemudian, investor maupun VC yang turut berpartisipasi terdiri dari TMI, Singtel Innov8, MDI Ventures, AC Ventures, Alpha JWC, East Ventures, Finch Capital, Indigo Capital, Indogen Capital, Insignia Ventures, Intudo Ventures, Kejora Capital, Vertex Ventures, Venturra Discovery.

More Coverage:

Evermos Announces Over 427 Billion Rupiah Series B Funding, Social Commerce Is in Its Peak

"T-Connext lahir dari kegalauan kami di era pandemi karena semua menjadi disconnected, dan saat ini menjadi momentum tepat untuk reconnect. Kami ingin menunjukkan bahwa Telkomsel adalah perusahaan yang enak untuk diajak untuk bekerja sama." Tutupnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again