1. Lifestyle

Telkomsel Pamerkan Kesiapan untuk Dukung Smart Life

Pada hari Rabu kemarin, Telkomsel mengundang para mitra dan undangan lain, termasuk juga Trenologi yang diundang untuk ikut serta melihat kesiapan dalam menghadapi kemajuan teknologi yang begitu pesat serta showcase berbagai aplikasi teknologi di masa depan.

Bertajuk Telkomsel Digi Expo yang membawa tema Where Smart Life Happens acara ini dibuka oleh Alex J Sinaga selaku CEO Telkomsel. Dalam sambutannya, beliau membahas tentang kondisi yang akan ada di masa depan dimana teknologi telah menyatu dengan berbagai sendi kehidupan.

Untuk menghadapi hal ini, Telkomsel mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama ikut serta berperan karena the future is here. Dari sisi Telkomsel sendiri, mereka mempersiapkan untuk menghadari smart life ini dengan berbagai program, baik yang telah dilaksanakan, yang sedang dan akan dijalankan.

Beberapa diantaranya adalah bekerja sama dengan berbagai pihak, baik dari legulator, developer aplikasi maupun antar operator. Dari sisi developer aplikasi dan startup, telah ada Digital Valley di tiga kota yang merupakan program Telkom yang bersinergi juga dengan Telkomsel.

Lebih lanjut tentang para pengembang aplikasi, perwakilan Telkomsel lainnya, Marina Kacaribu - Vice President Digital lifestyle menjelaskan bahwa Telkomsel telah bekerja sama degnan para mitra pencipta untuk menawarkan konten digital ke konsumen.

Program seperti Teman Developer (TemanDev) mencoba merangkil dan mendukung progra untuk mencapai smart life. Banyak aplikasi yang dihasilkan dari para pengembang ini yang bisa ditawarkan pada konsumen. Beberapa produk seperti Jepret, PicMix, Qbaca adalah hasil aplikasi yang dikembangkan pengembang lokal, selain itu Telkomsel juga memiliki produk LangitMusik, Video 500 dan beberapa produk lain yang mendukung kehidupan digital konsumen.

Telkomsel juga memiliki 4 fokus utama dalam mendukung smart life, yang pertama adalah solusi M2M atau machine to machine yang memungkinkan antara perangkat yang terkoneksi untuk saling berkomunikasi.

Yang kedua adalah big data, yang di dalamnya termasuk analisis untuk mendapatkan insight atas konsumen. Iklan terarah ke konsumen juga dimungkinkan dengan menganalisis big data.

Digital payment adalah fokus yang ketiga. Sedangkan yang keempat atau yang terakhir adalah One Stop Digital Entertainment yang akan terus dikembangkan oleh Telkomsel. Di dalamnya termasuk musik. video, game. Program seperti TemanDev juga dijalankan untuk membangun ekosistem aplikasi, pengembang diberikan fasilitas akses ke pelanggan Telkomsel, API Sharing, dukungan promosi serta jangkauan mendunia dengan mitra dan networking yang dimiliki Telkomsel.

 

Info menarik: Pelajar Indonesia di Jepang Kembangkan Aplikasi Mobile Produk Halal HalalMinds

 

Keempat fokus ini juga terlihat pada showcase yang bisa dikunjungi pada gelaran acara kemarin. Ada berbagai contoh perkembangan teknologi pintar yang sudah melebur pada kehidupan sehari-hari. Dalam acara kemarin, pengunjung tidak hanya diajak untuk melihat tetapi juga mencoba berbagai pengalaman smart life yang dihadirkan.

Mulai dari proses berbelanja fashion dengan fasilitas augmented reality, membayar menggunakan perangkat yang bisa dihubungkan ke ponsel (layaknya Square), pembayaran di kafe dengan NFC, aplikasi game, baik yang diperangkat bergerak atau yang menggunakan augmented reality sehingga terasa lebih interaktif. Google Glass juga ikut dipamerkan dalam acara kemarin.

Tidak hanya itu, Telkomsel juga memamerkan halte bis pun telah dilengkapi konten digital yang bisa menemani ketika menunggu angkutan umum. Tidak lupa untuk konten musik, Telkomsel juga mengajak pengunjung untuk mencoba layanan musik yang dipersiapkan.

Beberapa hal yang paling menarik di showcase kemarin bagi saya adalah yang berbelanja fashion menggunakan teknologi augmented reality. Dengan teknologi ini, konsumen bisa mencoba baju langsung hanya dengan memilih pilihan baju di layar memudahkan untuk mencocokan selera baju sebelum mencobanya di kamar pas.

Setelah proses memilih baju selesai, konsumen bisa membayar dengan alat bayar dari pedagang yang terhubung dengan smartphone. Ini mirip layanan Square di AS. Jadi smartphone bisa juga berfungsi sebagai alat untuk menerima pembayar dengan menambahkan dongle khusus.

Meski implementasi dari proses belanja ini belum bisa kita lihat di tanah air, namun hal ini menunjukkan kesiapan Telkomsel untuk mendukung smart life. Sedangkan beberapa hal yang dipamerkan di acara ini telah bisa dinikmati, seperti berbagai layanan konten digital dari Telkomsel.

 

Info menarik: Uang Elektronik Telkomsel dan Indosat Bakal Bisa Digunakan di Marketplace Elevenia

 

Kemajuan teknologi memang sudah selayaknya memudahkan dan meningkatkan apa yang sudah dinikmati sekarang ini. Selain meningkatkan pengalaman kegiatan sehari-hari tentunya bisa juga memberikan kemudahan agar berbagai aktivitas yang dilakukan bisa semakin efektif.

Menarik melihat kesiapan Telkomsel termasuk dukungan atas ekosistem teknologi yang dilakukan, karena tanpa kemitraan tentunya kemajuan teknologi tidak bisa menyentuh ranah yang lebih luas lagi.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again