1. Lifestyle

TempaLabs Hadirkan Permainan Edukasi Pemilu Berbasis HTML5 “Coblos!!!”

Satu lagi kontribusi pengembang lokal untuk membantu kelancaran jalannya Pemilihan Umum (Pemilu) 2014. TempaLabs yang biasanya selalu hadir dengan permainan menarik kali ini menerbitkan permainan simulasi Pemilu bernama“Coblos!!!”. Berbasiskan HTML5, Coblos!!! bisa diakses dari berbagai browser modern, baik mobile maupun desktop.

Penggunaan HTML5 sebagai basis pengembangan memang membuatnya mudah diadopsi oleh platform modern apapun, meskipun biasanya mengorbankan performa jika dibandingkan dengan native app. Mengenai hal ini, CTO TempaLabs Alif Harsan dalam pernyataan persnya mengatakan, “Kami sengaja mengembangkan lebih banyak games dengan HTML5 di kuartal pertama tahun 2014 karena kami melihat trend dan permintaan yang besar ke arah sana.”

Memang jika kita lihat portofolio Tempa Labs akhir-akhir ini, setidaknya enam permainan terakhir semuanya berbasiskan HTML5.

Hal-hal yang ingin ditonjolkan dalam game Coblos!!! adalah mememperkenalkan peran-peran petugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS), mensimulasikan alur dan aturan pencoblosan, dan memberi tips dalam mengikuti pemilu yang bisa di-share melalui media sosial. Tersedia pula tautan ke sejumlah informasi di luar permainan, misalnya daftar pemilih yang sudah terdaftar di KPU atau agar waspada terhadap adanya suap untuk memperoleh suara. Coblos!!! berusaha disajikan dengan jenaka, menyenangkan dan diharapkan mampu memberi edukasi kepada para pemilih pemula.

Terdapat delapan level yang bisa dimainkan dengan perolehan maksimal tiga bintang ala Angry Birds untuk setiap level yang berhasil dilewati. Obyektif di setiap level adalah mudah, dengan pemain harus menyelesaikan proses pemilihan semua karakter, bahkan termasuk petugas dan penjaga keamanan (hansip) dalam waktu yang ditentukan.

Ada tiga proses yang harus dilalui oleh seseorang untuk menyelesaikan proses pemilihannya, yaitu pendaftaran ke petugas, pencoblosan di bilik suara, dan penandaan dengan tinta sebagai bukti telah memberikan suaranya. Keberhasilan pemain menyelesaikan levelnya bergantung apakah berhasil menyelesaikan misinya dalam rentang waktu yang ditentukan atau tidak.

Untuk meningkatkan kepedulian terhadap urusan money politics, kadang-kadang muncul pihak yang ingin memberikan uang kepada pemilih di bilik suara dan harus dihalau supaya pemilih menyelesaikan proses pencoblosannya. Seharusnya delapan level ini bisa diselesaikan dengan mudah jika sudah tahu cara bermainnya.

Sayangnya permainan ini hanya bisa dimainkan dalam posisi portrait dan tidak tertampil bagus dalam posisi landscape sebagaimana halnya sebuah permainan mobile biasa dimainkan. Alif mengungkapkan memang gameplay Coblos!!! hanya dioptimasi untuk portrait viewing.

Kehadiran permainan Coblos!!! melengkapi berbagai aplikasi di platform Androiddan iOS yang mengusung satu tujuan, yaitu berkontribusi dengan usahanya masing-masing untuk membantu pelaksanaan Pemilu 2014 agar lancar dan sesuai dengan harapan.

[Ilustrasi foto: Komar/Shutterstock]


Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Amir Karimuddin. 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again