1. Startup

Tentang Perkembangan SITTI, Wawancara dengan Andy Sjarif

Anda mungkin masih ingat artikel DailySocial beberapa hari lalu ketika kami mengirim email ke SITTI untuk menanyakan kabar terakhir tentang perkembangan SITTI. Dikarenakan kesibukan mereka dalam mempersiapkan untuk pitch di GEPI, tim dari SITTI butuh beberapa hari untuk menjawab pertanyaan dari DailySocial, namun ditengah kesibukannya, mereka telah memberikan jawaban.

Kami bertanya pada CEO SITTI, Andy Sjarif tentang pendapatnya atas industri teknologi lokal serta ekosistem startup. Dia mengatakan bahwa, "kita berada dalam keadaan apa yang saya sebut 'growth stuck'", yang berarti bahwa industri ini membutuhkan dukungan dari banyak perusahaan investasi yang bersedia untuk memberikan dana sehingga bisa mendorong pertumbuhan. Meskipun telah ada sejumlah perusahaan investasi lokal masuk ke ranah ini, ia mengatakan bahwa gerakan mereka kurang cepat.

Cukup menarik bahwa ia mengatakan hal tersebut, karena sementara jumlah startup telah cukup besar, setelah melihat beberapa sesi pitch dan berdiskusi dengan pemain lain dalam industri ini, kebanyakan dari startup lokal belum siap untuk menerima jenis investasi yang ia harapkan datang dari investor.

Ia juga mengatakan bahwa produk yang dikembangkan harus disruptive. Sementara tidak ada yang salah dengan meniru produk yang sudah ada, namun jika produk tidak memberikan hal baru bagi pasar maka produk tersebut akan sulit untuk dikembangkan lebih jauh. Dia memberikan contoh Google AdWords, yang pada dasarnya merupakan tiruan dari Overture tetapi pada akhirnya Google menang berkat kemampuannya menambahkan formula yang dapat menghilangkan iklan tidak efektif yang memiliki sedikit respon.

Berikut wawancara lengkap dengan Andy Sjarif:

Pertama-tama, konferensi dan workshop ID-BYTE sekarang sedang dilaksanakan (wawancara ini ditulis pada saat acara IDBYTE berlangsung). Industri digital sedang dalam formasi penuh untuk berkembang, kita memiliki ratusan startup, setidaknya selusin muncul setiap minggu, dan beberapa perusahaan VC lokal terkenal ingin berinvestasi, apa pendapat Anda tentang keadaan digital di Indonesia?

Kita berada dalam keadaan apa yang saya sebut "growth stuck". Ini adalah istilah pribadi saya dan tanpa dasar ilmiah. Secara sederhana, pertumbuhan industri ini tidak dapat didukung oleh pertumbuhan organik saja. Sisi lain yang harus mengejar ketinggalan ini dan itu adalah sisi investasi. Ya, itu benar bahwa ada semakin banyak VC lokal dan inkubator yang muncul. Tapi saya tidak berpikir itu cukup cepat dan mereka tidak berinvestasi dalam ukuran yang cukup besar untuk mendukung menjamurnya perusahaan teknologi. Ini akan menguntungkan semua orang jika pemain lokal besar mulai mengalihkan beberapa dollar investasi mereka ke dalam teknologi. Pertanyaan besarnya adalah; berapa lama sampai kita memiliki perusahaan teknologi senilai US $ 1 miliar? Tanpa ekosistem besar dan berkelanjutan dari investasi teknologi, itu tidak akan pernah terjadi.

Bagaimana perusahaan teknologi Indonesia melampaui tahap awal pertumbuhan? Apakah Anda setuju dengan mantra "Amati, Tiru, Modifikasi" dan apakah kita masih ada di tahap meniru?

Posisi saya selalu menambahkan satu istilah lainnya, Anda sebaiknya menjalankan mantra "Amati, Tiru, Modifikasi" dan menambahkan 'disruptive'. Bukankah Google AdWords memiliki sebuah imitasi dari Overture? Tapi modifikasi mereka yang sangat disruptive itu menghancurkan Overture. Jadi posisi saya, jika kita akan meniru dan memodifikasi apapun, mari pastikan bahwa hal itu begitu disruptive atas ekosistem yang kompetitif .

Sekarang tentang SITTI sendiri, saya bertanya-tanya apakah ada sesuatu yang Anda dapat bagikan pada pembaca DailySocial tentang SITTI dan kemajuannya sejauh ini. Misalnya tentang klien signifikan yang ingin Anda ceritakan, tonggak prestasi, kemitraan, dan lain sebagainya.

We’re still a start up. Kami juga masih suka minum Teh Botol. Tapi kita tumbuh pada kecepatan yang tepat.

Sebagai tambahan, jika Anda tidak keberatan, ada komentar tentang peluncuran Google AdSense untuk Indonesia dalam waktu dekat ini? Anda cukup membuat kejutan tahun lalu dengan menantang Google dan sekarang Google sendiri akan datang ke Indonesia, saya tertarik dengan pendekatan Anda dalam menghadapi kompetisi dengan Google.

Kami adalah' kecoa' dibandingkan dengan Google yang menjadi raksasa besar. Untuk mengatakan Google adalah kompetitor kami adalah seperti mengatakan Superman bisa tidur di tempat tidur Kryptonite. Kami ingin mereka (Google-ed) hadir di Indonesia untuk mengajarkan kami cara yang benar dalam melakukan sesuatu. Mereka akan mendorong kami ke breaking points. Tapi pada akhirnya, pengguna akan mendapatkan keuntungan karena ada dua pilihan di luar sana, mereka dan kami. Ide untuk mengalahkan Google, dari konsepnya saja sudah konyol. Apakah kami akan mencoba? You bet. :)

Terakhir, menurut rumor Anda berencana untuk menjual SITTI ke Google, benarkah? Saya mendengar bahwa kalian menggunakan jasa Goldman Sachs untuk kemungkinan penjualan.

Tidak, tapi kami mencoba untuk menyewa Megan Fox untuk menjadi juru bicara untuk Sitti. :)

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again