Categories

Interview

Terampil Jembatani Trainer Profesional dan Pengguna dalam Satu Platform

Telah memiliki 98 trainer untuk 124 modul pelatihan yang berbeda

Yenny Yusra - 20 December 2021

Baru melakukan rebranding bulan Agustus 2021, platform pelatihan online Terampil mengklaim mengalami pertumbuhan bisnis yang positif. Kepada DailySocial.id, Founder & CEO Terampil Amrullah Azmy mengungkapkan, startupnya ingin membantu pengguna mendapatkan kelas pelatihan secara terpadu, baik dari sisi materi hingga komunikasi dengan trainer dan pengguna lainnya.

"Pada umumnya platform yang menawarkan teknologi dan layanan serupa dengan Terampil lebih fokus kepada speech, namun di Terampil kami melakukan role play dan memiliki materi yang diperagakan langsung oleh para trainer."

Terampil menyediakan tujuh kategori pelatihan. Di antaranya adalah Personal Foundation, Business Foundation, Marketing & Branding, Sales, Operation & Technology, Finance & Accounting, dan Human Capital.

Untuk pengguna yang baru mulai memasuki dunia kerja atau profesional muda yang ingin mengetahui aspek apa yang harus dikembangkan untuk peningkatan kriernya dan ingin mengetahui profil diri secara singkat maka dapat mengambil short assessment secara gratis di Terampil. Tercatat saat ini sudah ada sekitar 124 modul di dalam platform.

"Bukan hanya soft skill dan hard skill, Terampil juga menawarkan technical skill untuk pengguna. Sebelumnya kita menetapkan dulu kurikulum yang sudah ada menyesuaikan kebutuhan pasar, namun kita juga menerima permintaan dari pengguna sebelum akhirnya kita meluncurkan kurikulum tersebut," kata Amrullah.

Strategi monetitasi

Untuk strategi monetisasi, selain memberikan pilihan gratis mengakses video untuk pengguna baru, disediakan pula kuota yang bisa dipilih oleh mereka. Di antaranya adalah paket bronze, silver, dan gold. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp95 ribu hingga Rp495 ribu. Untuk pilihan pembayaran juga menyediakan semua pilihan pembayaran yang tersedia dengan mitra strategis mereka yaitu Midtrans. Tersedia juga pilihan pembayaran menggunakan DANA.

"Sejak awal kita fokus kepada segmen B2C. Namun satu bulan terakhir kami mulai menggarap segmen B2B. Kebanyakan pengguna kita ada di Jabodetabek. Namun Terampil juga sudah tersebar di Semarang, Jogjakarta, Surabaya, Medan dan Palembang," kata Amrullah.

Platform serupa yang menawarkan layanan seperti Terampil di antaranya adalah Rolmo dan ProSpark.

Metode hybrid learning

Selain memiliki trainer yang berasal dari perusahaan nasional dan multinasional di Indonesia, Terampil juga memiliki trainer dari kalangan umum yang memiliki skill dan pengalaman yang baik. Namun untuk memastikan trainer tersebut masuk dalam kriteria, proses kurasi yang ketat dilakukan oleh tim. Tercatat saat ini ada sekitar 98 trainer yang bergabung.

Untuk memberikan solusi dan layanan yang lebih terpadu, Terampil yang menerapkan metode hybrid learning, menggabungkan antara pembelajaran Intra-Active dan Inter-Active. Metode Intra-Active ini dirancang untuk mendorong pembelajar untuk lebih aktif dalam meningkatkan kapasitas dirinya, sedangkan Inter-Active adalah metode yang memungkinkan untuk berperan secara aktif berinteraksi langsung dengan sesama pengguna lainnya dan trainer di dalam Forum Diskusi dan Live Q&A.

Forum diskusi berbentuk teks ini terdapat di setiap modul pelatihan sehingga diskusi yang terjadi khusus untuk membahas materi pada modul tersebut. Sedangkan Live Q&A adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi langsung dengan trainer secara audio. Tahun 2022 mendatang Terampil juga memiliki rencana untuk meluncurkan fitur serupa dengan aplikasi Club House.

"Sejak rebranding fokus kita lebih kepada pengembangan teknologi. Di kuartal pertama tahun depan fitur ini bisa digunakan oleh pengguna dan trainer kita," kata Amrullah.

Untuk meningkatkan layanan pelanggan Terampil juga kerap melakukan komunikasi langsung dengan pengguna demi mendapatkan feedback. Dengan demikian bisa memaksimalkan video dan materi lainnya yang sudah menjadi pilihan pengguna hingga saat ini.

Masih menjalankan bisnis secara bootstrap, Terampil belum memiliki rencana untuk melakukan penggalangan dana dalam waktu dekat. Namun demikian tahun 2022 mendatang rencananya perusahaan akan melakukan kegiatan penggalangan dana di kuartal ketiga.

"Kami ingin Terampil bukan sekadar menjadi platform pelatihan online pilihan utama dari masyarakat, namun lebih dari itu kami ingin menjadi selayaknya seorang guru dan orang tua yang bangga apabila anak didik kami sukses meraih cita-citanya dan mendapatkan masa depan yang cerah. Sedangkan di sisi bisnis, kami bermimpi Terampil menjadi salah satu edutech unicorn yang membanggakan Indonesia,” tutup Amrullah.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter