Categories

Gadget

Terhubung dengan Cloud, Das Keyboard 5Q Sajikan Informasi Lewat Warna-warni LED

Tiap tuts bisa diprogram untuk mewakili informasi tertentu, seperti misalnya notifikasi email penting atau fluktuasi nilai saham

Glenn Kaonang - 1 July 2016

Berbekal pengalaman panjang di bidang produksi keyboard, pabrikan asal Jerman Das Keyboard baru-baru ini mencoba mewujudkan visinya akan sebuah keyboard yang diciptakan untuk era serba terkoneksi, era dimana akses internet beserta layanan berbasis cloud memegang peranan penting dalam keseharian pengguna.

Mereka pun memperkenalkan Das Keyboard 5Q, sebuah keyboard mekanik yang terhubung ke layanan berbasis cloud guna menyuguhkan fungsionalitas yang berbeda. Sederhananya, 5Q tidak cuma berperan sebagai alat input saja, tetapi juga untuk menyajikan output informasi atau data yang berasal dari internet.

Tiap-tiap tuts 5Q dibekali lampu LED yang bisa menyala dalam berbagai warna, sama seperti kebanyakan keyboard gaming di tahun 2016 ini. Bedanya, masing-masing lampu LED tersebut bisa dikontrol secara individual lewat internet guna mewakili informasi tertentu, seperti misalnya notifikasi email, fluktuasi nilai saham atau suhu prosesor PC.

Tiap-tiap tuts milik Das Keyboard 5Q dapat diprogram untuk mewakili informasi tertentu / Das Keyboard

Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut: ketika bos Anda mengirim sebuah email, maka tombol "B" pada keyboard akan otomatis menyala dalam warna merah, memberikan indikasi visual kepada pengguna untuk segera mengecek inbox-nya kalau tidak mau kena 'semprot'.

Tombol numerik Das Keyboard 5Q saat diprogram untuk menampilkan suhu prosesor PC / Das Keyboard

Contoh lain, tombol angka 1 - 0 bisa diprogram untuk mewakili suhu prosesor PC; angka 1 - 4 menyala dalam warna hijau berarti suhunya normal, 6 - 8 berwarna oranye berarti sudah mulai panas, dan 9 - 0 berwarna merah berarti sudah saatnya Anda mengecek sistem pendingin milik prosesor Anda.

Lalu bagaimana seandainya kita telah memprogram terlalu banyak dan lupa tombol mana yang mewakili informasi mana? Jangan khawatir, sebuah kenop volume di ujung kanan keyboard bisa Anda tekan sehingga layar akan menampilkan informasi apa saja yang tengah ditunjukkan oleh keyboard saat itu.

Lampu LED milik Das Keyboard 5Q diklaim lebih terang dibanding milik keyboard lain di pasaran / Das Keyboard

Dari sisi keyboard itu sendiri, 5Q mengandalkan switch mekanik Gamma Zulu yang diproduksi oleh Omron. Tiap-tiap switch ini diklaim 100 persen lebih kuat dibanding switch mekanik lain yang ada di pasaran, sanggup bertahan hingga 100 juta kali tekan. Aktuasi 1,5 mm dan travel sedalam 3,5 mm juga memastikan pengguna bisa mengetik dengan cepat dan nyaman di jam-jam produktifnya.

Secara keseluruhan feel-nya diyakini mirip seperti switch Cherry MX Brown: ringan, tactile, namun tidak terlalu berisik. Hal menarik lain adalah desain lampu LED di dalam tiap-tiap switch yang disebut mampu menyala lebih terang ketimbang milik keyboard* lain.

Das Keyboard 5Q saat ini sudah bisa dipesan melalui Kickstarter seharga $139 selama masa early bird. Harga retail-nya diperkirakan mencapai $229.

Sumber: Tom's Hardware.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter