5 December 2016

by Glenn Kaonang

Terinspirasi Pokemon Go, White House Luncurkan Aplikasi Augmented Reality

Dinamai 1600, aplikasi akan memberikan gambaran mengenai apa saja yang terjadi di White House selama setahun penuh

White House, atau yang kita kenal juga dengan nama Gedung Putih, merupakan salah satu tempat yang cukup misterius. Bukan dari segi mistis, tapi memang ada banyak rahasia yang tersimpan dalam tempat itu demi keamanan presiden sekaligus negara Amerika Serikat sendiri.

Di bawah kepemimpinan Barack Obama, secara perlahan publik mulai mengetahui seluk-beluk White House melalui perkembangan teknologi, salah satunya lewat tur interaktif di Google Street View. Sekarang, ada cara baru lagi untuk mengeskplorasi White House dengan memanfaatkan teknologi yang sama yang diterapkan pada game Pokemon Go, yakni augmented reality.

Dinamai 1600, aplikasi ini merupakan hasil kolaborasi tim humas White House dengan White House Historical Association dan developer nexus Studios. Namanya diambil dari nama jalan tempat White House terletak, yaitu 1600 Pennsylvania Avenue.

Tujuan utama 1600 adalah mengajarkan peran White House dalam sistem demokrasi di AS / White House

Untuk menggunakannya, pengguna hanya memerlukan sebuah ponsel dan selembar uang satu dolar. Arahkan kamera wajah George Washington pada uang tersebut, maka akan muncul animasi 3D tepat di atasnya, dengan narasi dari Josh Earnest selaku Sekretaris Pers White House.

1600 akan mencoba memberikan gambaran mengenai apa saja yang terjadi di rumah sekaligus kantor presiden AS tersebut selama setahun penuh. Meski kesannya hanya sebagai hiburan, tujuan utamanya adalah mengajarkan peran White House sebagai tonggak utama sistem demokrasi di Amerika Serikat.

Aplikasinya sekarang sudah bisa diunduh secara cuma-cuma untuk perangkat Android maupun iOS. Dalam deskripsinya, disebutkan bahwa ada kejutan menarik saat pengguna menyentuh bagian Oval Office.

Sumber: White House.