Categories

Game

Terlepas dari Masalah Teknis, Watch Dogs Adalah Game Ubisoft Dengan Rekor Penjualan Tercepat

Yoga Wisesa - 30 May 2014

Setelah menunggu beberapa tahun, tanggal 27 Mei kemarin adalah hari dimana gamer akhirnya bisa menjajal Watch Dogs untuk yang pertama kalinya. Rasa penasaran dan antisipasi koneumen ternyata memiliki pengaruh besar dalam penjualan. Hanya dalam 24 jam, Watch Dogs berhasil mengalahkan rekor penjualan tercepat dibanding game buatan Ubisoft lainnya.

Berita baik ini Ubisoft tulis dalam blog resmi mereka. "Setelah sedikit penundaan, kami tidak sabar untuk mempublikasikan game open-world inovatif buatan Ubisoft Montreal. Berita baiknya, Anda [para gamer] sangat bersungguh-sungguh. Setelah dirilis selama 24 jam, Watch Dogs terjual lebih banyak dibandingkan judul-judul game sepanjang sejarah Ubisoft berdiri!" ungkap Communications Manager Gary Steinman dengan gembira.

 

Info menarik: Ubisoft Sediakan Aplikasi Watch Dogs ctOS Untuk Ramaikan Rilis Game Watch Dogs

 

Watch Dogs merupakan salah satu permainan dengan masa pengembangan yang sangat lama, lebih dari lima tahun. Dari awal, Ubisoft mencoba menyajikan pengalaman yang baru dalam genre action dengan pendekatan open-world.

Game ini merupakan permainan pertama yang mengangkat tema hacking sebagai bagian penting dari gameplay, yang pada dasarnya terinspirasi dari seri Grand Theft Auto serta Driver.

Creative Director Jonathan Morin mengatakan bahwa antisipasi khalayak yang tinggi tidak lain adalah karena berkat para fans setia yang bersemangat, "Hari ini kami telah memecahkan rekor penjualan terbesar di hari pertama dalam sejarah Ubisoft. Saya tidak pernah merasa lelah mengatakannya: terima kasih untuk semuanya! Kami sangat mencintai Anda untuk segala kreativitas dan semangat yang telah diberikan."

Sejauh ini, Ubisoft belum mengumumkan angka yang lebih spesifik tentang total penjualannya. Di awal bulan Mei, CEO Ubisoft Yves Guillemot, mengungkapkan bahwa mereka berharap dapat menjual Watch Dogs sebanyak enam juta kopi. Angka tersebut mengambil acuan dari seri pertama Assassin's Creed saat game tersebut diperkenalkan ke publik secara perdana.

Sayang dibalik berita baik untuk Ubisoft di atas, tersimpan kabar buruk untuk sebagian pemain. Para gamer yang menikmati Watch Dogs versi PC dihadang berbagai masalah performa.

Sebelumnya Ubisoft telah mengumumkan daftar kebutuhan sistem PC yang optimal untuk menjalankan Watch Dogs. Nyatanya, banyak sekali laporan yang mengatakan bahwa walaupun daftar tersebut terpenuhi - tidak sedikit yang menggunakan PC lebih canggih - game berjalan tersendat-sendat.

Lebih parahnya, bukan hanya lagging dan stuterring, beberapa orang mengalami crash. Hal ini dikonfirmasi oleh situs Eurogamer berdasarkan analisa dari Digital Foundry. Anda bisa menyimak kritikan user yang lebih pedas dari laman Watch Dogs di Steam.

 

Info menarik: Mengikuti Langkah Xbox, Sony Usahakan Agar PlayStation 4 Bisa Masuk ke Tiongkok

 

Beberapa mengeluhkan game ini sulit sekali tersambung ke Uplay. Tapi yang paling menderita adalah para pengguna kartu grafis AMD. Dengan GPU terbaru seperti R9 280X, permainan hanya dapat berjalan di 40 framerate per second, saat berkendara, fps anjlok ke 15. Bahkan setelah AMD merilis driver versi 14.6 Beta, ia hanya mendapatkan sedikit peningkatan performa.

Melihat hal tersebut, banyak sekali pekerjaan rumah yang Ubisoft harus segera selesaikan. Dengan jumlah gamer PC yang sangat banyak, sang publisher harus mengatasi masalah ini secepat-cepatnya. Mungkin dengan begitu, Watch Dogs dapat terjual jauh lebih banyak lagi - mendekati target mereka sebelumnya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter